Bos First Travel Divonis 20 Tahun Penjara, Sam Aliano Janjikan Umrah Gratis
reporter
Nasional

Kasus penipuan umrah murah membuat Sam Aliano tergerak hatinya untuk membantu umrah gratis.

WowKeren - Kasus penipuan jamaah umrah First Travel saat ini masih berlanjut. Kabar terbarunya yang berujung pada vonis hukuman 20 tahun penjara atas Andika dan 18 tahun atas Annisa Hasibuan menjadi sorotan. Salah satunya sosok yang ikut menyoroti kasus ini adalah calon presiden, Sam Aliano.

Dia menyayangkan keputusan hakim yang dinilainya tak setimpal dengan hasil perbuatan pasangan suami-istri tersebut. "Saya prihatin dengan apa yang mereka lakukan kepada masyarakat. Ada 66 ribu korban penipuan, mereka hanya berpenghasilan pas-pasan. Susah mereka kumpulkan uang selama bertahun-tahun," kata Sam.

Terlebih lagi uang penipuan tersebut bernilai cukup besar yakni bernilai hingga triliunan itu tidak dikembalikan kepada korban penipuan tersebut. Sam menganggap Andika dan Annisa harus mendapatkan hukuman yang lebih dari penjara layaknya dihukum mati.

"Dengan mudah hakim menjatuhkan hukuman ringan, sementara uang (jamaah) tidak dikembalikan. Pelaku kejahatan massal kelas tinggi seperti ini selayaknya dapat hukuman mati atau penjara seumur hidup", ujar Sam lagi.


Seperti diketahui, sidang pembacaan vonis yang digelar di Pengadilan Negeri Depok, Jawa Barat hari Rabu, 30 Mei 2018 itu menjatuhkan hukuman penjara masing-masing 20 tahun dan 18 tahun kepada kedua pemilik biro perjalanan tersebut.

Hukuman ini lebih ringan dengan tuntutan jaksa yang dibacakan beberapa waktu sebelumnya. Maka dari itu, Sam ingin memberikan umrah gratis kepada masyarakat yang tidak mampu.

"Pelaku bisa saja mainkan uang yang hampir Rp 1 triliun jumlahnya yang dia curi dari rakyat. Bisa saja dia atur supaya hukuman diperpendek, apalagi ada potongan remisi. Kemudian mereka bebas dan beraksi kembali," tutur Sam.

"Itulah mengapa saya ingin memberikan umrah gratis kepada masyarakat yang tak mampu, supaya mereka terhindar dari aksi jahat penipuan serupa. Saya prihatin dengan aduan masyarakat kepada saya mengenai ini dan berterima kasih bagi yang meng-update info program umrah gratis.

Saya juga sedang membuat sistem untuk pendaftaran umrah gratis. Nantinya aplikasi ini akan diluncurkan untuk mempermudah masyarakat," ujar Sam lagi.

(wk/alif)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru