Jung Woo Sung Tanggapi Kritik 'The Silent Sea' Tak Sesuai Fakta Ilmiah, Apa Katanya?
Instagram/netflixkr
TV

Menjadi salah satu drama terpopuler Netflix, 'The Silent Sea' mendapat banyak umpan balik. Dikritik melenceng dari fakta ilmiah, begini tanggapan Jung Woo Sung selaku produser.

WowKeren - Jung Woo Sung akhirnya angkat bicara mengenai "The Silent Sea". Meski populer, drama fiksi ilmiah yang dibintangi Gong Yoo dan Bae Doona juga tak lepas dari kritik.

Berlatar tahun 2075, "The Silent Sea" menceritakan perjalanan misi rahasia tim satuan elit untuk pergi ke bulan selama 24 jam guna mengambil sampel misterius dari laboratorium luar angkasa, Stasiun Balhae. Kisah Han Yun Jae (Gong Yoo) dan Song Ji An (Bae Donna) cs ini telah mencuri hati dengan menempati peringkat 3 acara televisi paling banyak ditonton di Netflix Indonesia per Rabu (5/1).

"Tampaknya banyak yang bersorai dengan bilang, 'Kamu melakukan pekerjaan dengan baik' dan 'itu adalah tantangan hebat'. Senang rasanya mendengar bahwa agaknya ada elemen yang bisa dijadikan panutan bagi orang-orang yang bekerja di industri," ujar Jung Woo Sung.

Sebagai produser, Jung Woo Sung sadar betul jika "The Silent Sea" akan mendapatkan reaksi pro kontra. Terlepas disukai atau tidak disukai, sang produser memilih untuk lebih fokus mengevaluasi drama tersebut.


"Karena karakteristik 'The Silent Sea', menurutku pandangan suka dan tidak suka itu wajar dan sama pentingnya. Kami menghabiskan waktu terus menerus untuk meninjau ulang kekurangan kami," katanya.

Selanjutnya mengenai kritik tentang karakter yang datar dan plot sepi, Jung Woo Sung juga mengakui adanya kekurangan. Selain itu, kritik berupa kesalahan ilmiah yang mengaburkan fakta juga turut dibahas.

"Kupikir evaluasi yang pasti dapat bervariasi tergantung pada jenis sudut pandang dan faktor apa yang ingin dipenuhi. 'The Silent Sea' dikatakan sebagai film thriller fiksi ilmiah, tapi tampaknya berada di antara opera ruang angkasa dan eksplorasi ruang angkasa," terang Jung Woo Sung.

Ternyata alih-alih fiksi ilmiah, Jung Woo Sung menggeser kedudukan "The Silent Sea" di jajaran opera luar angkasa. Pasalnya, drama ini memang lebih menekankan pada aspek-aspek filosofis di dunia.

"Pembuktian logika ilmiah memang penting, tetapi karena ini karya yang berfokus pada pertanyaan filosofis dunia ini, itu menimbulkan pertanyaan terus-menerus tentang bagaimana memilih dan berkonsentrasi selama proses produksi," papar Jung Woo Sung.

Jung Woo Sung menganggap bahwa "The Silent Sea" adalah karya yang signifikan karena bisa membuat pemirsa bertanya-tanya. "Tentu saja kekurangannya cukup banyak, tapi kurasa kita bisa bertanya lagi, apakah penyampaiannya tidak ada artinya di bagian yang kita pilih. Dalam hal itu, kupikir drama ini adalah karya yang cukup signifikan," tambahnya.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru