Zaskia Profile
Zaskia Profile Photo

Zaskia

Profesi
Penyanyi
Nama Asli
Syurkianih
Tgl Lahir
Apr 27, 1990
Lahir di
Bekasi, Indonesia
Profesi
Penyanyi
Populer
Merilis single "Satu Jam Saja" (2012)
Tempat Lahir
Bekasi, Indonesia
Kewarganegaraan
Indonesia
Ayah
Sosih
Ibu
Jumainah
Saudara
Syurani, Sayuti, Ardiansyah
Kekasih
Vicky Prasetyo (pengusaha, bertunangan, mantan), Arif 'Ryan' Fitriansah (bertunangan, mantan)
Populer Sejak
Merilis single "Satu Jam Saja" (2012)

Dilahirkan dengan nama Syurkianih, pedangdut kelahiran 27 April 1990 di Bekasi ini lebih banyak dikenal publik dengan nama panggung Zaskia atau Zaskia Shinta. Putri dari pasangan Sosih dan Jumainah ini mulai masuk dan dikenal sebagai salah satu artis yang meramaikan dunia hiburan Indonesia sejak kemunculannya di layar TV dengan goyangan khasnya, Goyang Itik (Gotik).

Zaskia Gotik, sapaan yang diberikan fans kepadanya, mengawali karir sejak usia yang masih belia. Keterbatasan keuangan di keluarga memaksa pelantun "Satu Jam Saja" ini harus menghentikan pendidikannya di bangku Sekolah Menengah Pertama demi bisa mencari uang untuk kebutuhan keluarga. Tak jarang putri sulung dari empat bersaudara ini harus bernyanyi selama 12 jam untuk bisa membawa pulang uang Rp 100 ribu.

Meskipun begitu, usaha yang dilakukan penyanyi dangdut yang tinggal di Cikarang ini akhirnya berbuah manis. Zaskia mendapat tawaran kontrak 2 album sekaligus dengan bergabung dalam duo Sinden Imut.

Karir Zaskia dalam duo Sinden Imut tidak berjalan sempurna. Di tahun kedua kontraknya, penjualan album semakin menurun. Hal tersebut yang kemudian membuat Zaskia memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak bernyanyi dalam grup duo. Sejak saat itu, 2009, ia memutuskan bersolo karir.

Di 2011, karir Zaskia menapaki babak baru. Pertemuannya dengan musisi kawakan Endang Raes membawanya sampai pada tawaran dengan salah satu label musik besar di Indonesia, Nagaswara.

Dengan bantuan Nagaswara dan pengalaman mumpuni dari sekian tahun bernyanyi, nama Zaskia mulai diperhitungkan dalam dunia musik dangdut Indonesia. Beberapa stasiun TV swasta berkali-kali memintanya tampil dalam acara mereka. Ia pun lebih sering terlihat di layar kaca daripada di panggung-panggung acara nikahan seperti sebelumnya.

Tak hanya sukses bernyanyi, wajah Zaskia mulai sering wara-wiri di layar kaca membintangi sitkom dan iklan komersial. Salah satu iklan komersial yang pernah dibawakan Zaskia adalah iklan mesin cuci Dolphinwave.

Karir Zaskia mengalami pasang surut. Setelah sempat hengkang dari grup duo Sinden Imut, penyanyi dangdut 23 tahun ini juga pernah dituntut teman satu profesi. Tuntutan tersebut datang dari rekannya grup duo dangdut De Mocca akibat tudingan membajak karya cipta kreasi goyang bebek milik mereka.

Baru- baru ini (September, 2013) nama Zaskia kembali mencuat di beberapa liputan infotainment. Hal itu terjadi ketika ia mengumumkan pertunangannya dengan seorang pengusaha bernama Vicky Prasetyo dan kemudian membatalkannya beberapa hari setelahnya.

Acara pertunangan yang dihelat mewah di sebuah hotel bintang 5 di Jakarta tersebut menyisakan banyak duka dan luka. Ini gara-gara Vicky yang ternyata masih beristri dan gemar menipu artis wanita lainnya.

Ia semakin disorot media terkait penipuannya saat menjadi calon Kepala Desa Kampung Bulak. Vicky alias Hendrianto juga dilaporkan oleh Rajesh (sahabat dari Aufar Hutapea) dalam kasus penipuan jual beli tanah. Vicky Prasetyo akhirnya harus mendekam di penjara.

Yang menarik, Vicky masih tetap menjadi bulan-bulanan karena gaya bicaranya cenderung aneh. Ia gemar berpidato atau berbicara dengan istilah tak baku seperti "Kontroversi Hati", "Labil Ekonomi" hingga "Konspirasi Kemakmuran". Aksi Vicky itu terekam lewat video dan akhirnya beredar di YouTube. Rapper Saykoji sempat membuat remix dari kata-kata Vicky "29 My Age". Sementara komposer Eka Gustiwana memparodikan video Vicky berjudul "Yeah".

Zaskia Lirik Lagu
Lirik Lagu
Lirik

1 Jam

Lirik Lagu
Lirik

1000 Alasan

Lirik Lagu
Lirik

Ajari Aku Tuhan

Lirik Lagu
Lirik

Aw Aw

Lirik Lagu
Lirik

Bang Jono

Lirik Lagu
Lirik

Bang Ojek

Lirik Lagu
Lirik

Bang Toyib Kawin Lagi

Lirik Lagu
Lirik

Bebek Ngambang

Lirik Lagu
Lirik

Belahan Jiwa

Lirik Lagu
Lirik

Bye Bye Lagi

Lirik Lagu
Lirik

Cinta Semanis Madu