Gara-Gara Tampilkan Dewa Heimdall Berkulit Hitam, Film 'Thor' Diboikot
Film

Organisasi CofCC di Missouri menganggap Marvel Studios menghina kebudayaan Nordik karakter Dewa Heimdall itu seharusnya berkulit putih.

WowKeren - Film "Thor" telah mengundang reaksi keras bagi organisasi Council of Conservative Citizens (CofCC). Pihak CofCC yang berkantor di St. Louis, Missouri, berencana memboikot film "Thor" via online ketika film 3D tersebut dirilis 6 Mei 2011. Pasalnya, Marvel Studios dianggap menghina kebudayaan kuno dalam mitologi Nordik (kepercayaan masyarakat Eropa Utara) dengan menghadirkan sosok Dewa Heimdall berkulit hitam di "Thor". Padahal selama ini, Heimdall dianggap sebagai "Dewa Putih".

"Sepertinya Marvel Studios percaya kalau orang kulit putih seharusnya tak memiliki keunikan apapun dalam diri mereka," demikian bunyi artikel yang tertulis di website CofCC. "Dalam film yang akan dirilis berdasarkan buku komik Thor, Marvel melakukan penghinaan kebudayaan dengan mengubah karakter Dewa Esir (Dewa yang memegang peranan penting). Salah satu Dewa akan diperankan oleh DJ Hip Hop Idris Elba."

CofCC juga sempat mempertanyakan keputusan Marvel memilih Idris mengingat dalam kisah komik "Thor" kreasi Marvel yang rilis 1960 juga menampilkan sosok Dewa Heimdall berkulit putih. Selain dianggap bernuansa politis, Idris bahkan dinilai mencari sensasi karena tampil sebagai Dewa yang seharusnya berkulit putih.


"Kisah Thor sebenarnya mitos bukan? Thor punya palu yang bisa terbang ke arahnya ketika dia menjentikkan jarinya. Hal itu tidak masalah, tapi kulit saya justru dipermasalahkan?" ujar Idris di saluran TV Kabel Inggris, TV Times, sekitar April. "Jika kalian tahu segala hal tentang mitologi Nordik, Dewa Heimdall tidak terlihat seperti saya namun itulah yang terjadi. Saya rasa kita perlu melakukan kasting berdasarkan banyak tingkatan. Saya rasa kita akan melihat hal itu dan saya hal itu cukup bagus."

Film "Thor" diarahkan sutradara Kenneth Branagh. Dikisahkan, pejuang dunia Asgard, Thor (Chris Hemsworth), dibuang ke Bumi oleh ayahnya Odin (Anthony Hopkins), karena bersikap arogan hingga memicu kembali perang lama. Sesampainya di Bumi, Thor jatuh cinta pada seorang ilmuwan muda cantik Jane Foster (Natalie Portman). Dalam pengasingannya, Thor barulah menyadari apa yang membuat seseorang bisa menjadi pahlawan sejati ketika musuh paling berbahaya dari dunianya mengirimkan pasukan untuk menguasai bumi.

(wk/)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru