Zumi Zola Temui Wapres Jusuf Kalla, Ada Apa?
Nasional

Zumi Zola menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk membahas solusi kebakaran lahan dan hutan.

WowKeren - Baru-baru ini Gubernur Jambi Zumi Zola menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla di kantornya, di Jakarta Pusat, pada Senin (11/4/2016). Zumi rupanya ingin membahas soal kebakaran lahan.

Dalam pertemuan tersebut Gubernur yang pernah berprofesi sebagai bintang sinetron ini berusaha memberikan saran untuk mengatasi masalah kebakaran lahan dan hutan. Menurut Zumi, seharusnya pemerintah menyediakan ekskavator untuk masyarakat.


"Beliau (Wapres JK) menanyakan masalah kebakaran lahan dan juga hutan," ujar Zumi pada Senin (11/4/2016). "Saya bilang mungkin solusinya Pak Wapres kalau boleh satu ekskavator per satu kecamatan."

"Fungsinya buat apa?" tambahnya. "Supaya masyarakat saat ini yang terbiasa membakar lahan untuk membuka lahan tidak membakar lahannya lagi."

Zumi mengungkapkan masalah kebakaran hutan ini harus segera ditangani. Apalagi menurutnya membakar lahan sudah menjadi kebiasaan warga setempat.

"Karena kemarau hanya 5 persen. Jadi kami pelajari ternyata yang membakar lahan karena sudah kebiasaan masyarakat yang dulu masyarakat membakar lahan untuk land clear karena murah karena cepat," ungkapnya. "Nah tentu kalau sekarang ini jangan sampai terjadi tahun 2015 lalu harus ada solusinya."

"Cuma permasalahannya sekarang menyediakan alatnya, mesinnya, biaya operasionalnya dari mana? Saya bilang kalau memungkinkan dana desa kita yang sangat besar itu per satu desa itu," jelas Zumi. "Tadi menurut Pak Wapres tidak masalah, cuma aturannya, belum bisa. Mungkin nanti dikaji."

You can share this post!

Related Posts
Loading...