Biar Nggak Kebablasan, Begini Caranya Hemat Belanja Pas Malam Tahun Baru
SerbaSerbi

Berikut hal-hal yang bisa membuatmu nggak kalap belanja di akhir tahun.

WowKeren - Di malam tahun baru, selain identik dengan perayaan yang membahana juga dengan diskon di mana-mana. Intip saja mal terdekat di rumahmu dan temukan banyak diskon di berbagai gerai. Nggak cuma pakaian saja, dari fashion item seperti kosmetik hingga hal-hal nggak terduga mendapat potongan harga. Dengan promo diskon ini, siapa lagi yang nggak suka? Terlebih kaum hawa. Kamu termasuk, nggak?

Habis gajian dan bonus akhir tahun yang masuk dalam rekening membuat kamu antusias menuju pusat perbelanjaan. Tahu-tahu kamu bisa kalap hingga membeli barang-barang yang terlihat lucu meski kalau dipikir-pikir ya nggak penting-penting amat. Berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan agar bisa menghemat ketika belanja di akhir tahun:

Rencanakan Anggaran Belanja

Targetkan jauh-jauh hari sebelum gajian apa saja yang akan kamu beli untuk kebutuhan sehari-hari. Ini adalah cara yang bagus untuk berbelanja yang hemat setiap bulannya. Daftar belanja bisa mengurangi pembengkakan biaya dan membuat kamu untuk lebih berkomitmen dengan rencana sebelumnya. Serta, juga mencegah agar nggak ada barang yang terlupa dibeli saat sedang belanja.

Meski banyak potongan harga, kamu mesti paham apa yang penting dan nggak. Hanya karena murah bukan berarti harus kamu beli, kan? Toh uangmu bisa dialokasikan ke pengeluaran yang lebih penting.

Belanja Online

Selain menghemat waktu dan uang untuk transportasi, dengan melakukan belanja melalui online shop akan membuat berhemat. Karena ini mencegah kamu melihat-lihat barang-barang lain di toko atau saat pergi ke mal. Bila datang ke toko secara fisik, kamu akan lebih mudah kalap dan berbelanja semuanya.

Situs media sosial adalah tempat paling praktis untuk belanja di zaman modern ini. Kamu akan bisa melihat banyak penawaran dari berbagai situs sosial. Biasanya melalui Facebook atau Twitter atau bahkan saat sedang membuka email, banyak iklan yang menawarkan promo pada saat itu juga.

Beli Barang Diskon

Kala pergantian tahun, banyak gerai menawarkan produk dengan harga yang murah. Entah memang harganya memang sudah murah atau bisa juga karena potongan harga. Banyak orang yang nggak menyadari bahwa harga itu memiliki kondisi.

Untuk barang yang memang punya harga murah mungkin memiliki kondisi yang sesuai dengan takaran harga. Sedang dengan barang yang memiliki potongan harga, bisa saja kualitas yang bagus sayang nggak banyak yang suka. Jadinya barang-barang itu dipotong harga. Nah itulah yang perlu kamu ketahui.

Jika ingin membeli baju carilah beberapa toko yang menawarkan diskon. Bukan hanya menghemat uang, beberapa produk barang terkenal juga bisa kamu dapatkan dengan harga yang lebih murah.

Penawaran Produk

Jika mendapatkan penawaran produk dengan harga murah di mini market, belilah. Namun pastikan, produk yang sedang memberikan promosi tersebut sesuai dengan kebutuhanmu kedepannya. Untuk mendapat banyak barang murah, untuk itu kamu perlu perbanyak pengetahuan tentang beberapa supermarket.

Pengetahuan dengan banyak penawaran akan membantumu menghemat pengeluaran. Anggaran yang kamu buat di awal bulan itu akan memiliki alokasi untuk pengeluaran nggak terduga. Kamu memiliki simpanan yang lebih banyak.

Belanja Setelah Liburan

Pada saat liburan, banyak toko barang bermerek yang menggelar diskon besar-besaran. Saat tergoda dengan barang diskon tersebut, coba pikirkan kembali apakah barang itu penting bagi kamu. Euforia orang di sekitarmu memang sangat penting untuk kamu. Ketika orang-orang banyak yang menuju mal pas akhir tahun mungkin kamu bisa meredam keinginan untuk berbelanja.

Sebab biasanya belanja dengan banyak orang akan membuatmu kalap dan membeli apa yang nggak penting ketimbang yang dibutuhkan. Ketika bisa meredam keinginan belanja, kamu bisa membuat daftar belanjaan dan menulisnya. Dengan begitu kamu tahu apa yang kamu butuhkan ketimbang yang penting.

Manfaatkan Kartu Debit/Kredit

Sejumlah bank biasanya memberikan potongan harga untuk transaksi dengan kartu debit atau kredit. Supaya pengeluaran bisa diredam, nggak ada salahnya untuk memanfaatkan promo tersebut. Bahkan ketika nggak pernah menggunakan kartu kredit dan debit sebelumnya. Meski hanya 5 atau 10 persen, potongan harga itu cukup bisa mengurangi pengeluaran berlebih.

Ada banyak bank yang memberikan keuntungan seperti itu. Jangan hanya menggunakan kartu dengan fungsinya tanpa kamu ketahui manfaat dengan promo dalam kartu itu.

Gunakan Kartu Loyalty

Jika kartu kredit atau debit kamu nggak bisa memberikan keuntungan, coba gunakan kartu keanggotan supermarket atau mini market saat beli makan. Jika sudah punya poin banyak, tukarkan saja dengan produk yang memang dibutuhkan. Jika begitu, kamu akan mendapat dua keuntungan yakni potongan harga dan bonus produk.

Jadi ketika punya informasi tentang supermarket, jangan cuma tahu tapi terjunlah. Maksudnya jangan hanya membawa brosur potongan harga tapi jadilah langganan di sana. Dengan begitu kamu bisa masuk dalam kategori orang yang paham bagaimana mendapat barang yang murah setiap bulan, Nggak cuma belanja di akhir tahun saja.

Ketahui Makanan Favorit Keluarga

Di hari libur, tentu anggota keluarga lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Ini berarti kamu juga harus menyediakan lebih banyak makanan dan camilan untuk berjaga-jaga. Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum berbelanja adalah membuat daftar makanan dan minuman apa saja yang jadi kesukaan anggota keluarga.

Ini untuk menghindari kamu membeli makanan dan minuman yang nggak mereka sukai dan akhirnya malah terbuang karena nggak ada yang mengonsumsinya. Selain camilan dan makanan ringan, pastikan juga kamu membeli beberapa bahan makanan yang mudah disimpan dan diolah seperti frozen food, telur, serta mi instan dan berbagai jenis saus.

Promo diskon di mal adalah hal yang gampang banget menarik perhatian pengunjung. Mungkin kamu adalah orang yang masuk di dalam kategori itu. Belanja boleh asal jangan berlebihan.

You can share this post!

Related Posts