Ada Kecoa Laut Raksasa, Puluhan Spesies 'Alien' Ditemukan di Perairan Laut Jawa
NUS Science
SerbaSerbi

Temuan baru ini seolah menunjukkan bahwa banyak hal terjadi di berbagai bagian Indonesia yang belum diketahui.

WowKeren - Siapa bilang alien hanya bisa ditemukan di luar angkasa saja. Makhluk yang dicap mengerikan ini ternyata juga bisa ditemukan di kedalaman laut. Dari beberapa makhluk yang berhasil ditemukan tersebut, di antaranya berupa kecoa laut berukuran raksasa, lho.

Temuan ini juga terdiri atas berbagai hewan aneh lain yang berhasil mencuri perhatian penelitian gabungan ini. Meski temuan ini berhasil membuat kebanyakan orang bergidik ngeri, namun bagi para peneliti, temuan ini seperti sebuah perayaan besar.

Para peneliti ini berasal dari National University of Singapore (NUS) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Penelitian selama 14 hari ini berlangsung dari bulan Maret hingga April. Penemuan makhluk besar berupa kecoa laut raksasa, yang dijuluki oleh tim sebagai Darth Vader Isopod, adalah yang paling membuat mereka bahagia. Itu merupakan salah satu spesies luar biasa dari berbagai spesises lain yang tak terhitung jumlahnya yang berhasil mereka temukan selama ekspedisi pulau-pulau di Indonesia.

During an expedition, there are some animals which you find unexpectedly, while there are others that you hope to find. One of the animal that we hoped to find was a deep sea cockroach affectionately known as Darth Vader Isopod. The staff on our expedition team could not contain their excitement when they finally saw one, holding it triumphantly in the air! #SJADES2018

A post shared by LKCNHM (@lkcnhm) on


Para peneliti ini sebenarnya berharap untuk bisa menemukan salah satu spesies baru dalam ekspedisi ini. Akan tetapi, mereka tidak menyangka bisa benar-benar menemukannya.

Daerah ekspedisi mereka meliputi bentangan panjang dari Samudra Hindia di lepas pantai selatan Jawa serta Selat Sunda yang memisahkan pulau tersebut dari Sumatra. Menurut para peneliti, daerah-daerah tersebut belum pernah diambil sampel mengenai binatang laut yang ada di sana sebelumnya.

Ada Kecoa Laut Raksasa, Puluhan Spesies \'Alien\' Ditemukan di Perairan Laut Jawa

DailyMail

"Ini merupakan bagian dari Samudra Hindia yang tidak pernah diambil sampel binatang lautnya. Jadi, kami benar-benar tidak tahu apa saja yang bisa ditemukan di sini," jelas Peter Ng, ahli kepiting dan kepala Museum Sejarah Alam Lee Kong Chian di NUS dilansir Dailymail pada Senin (21/5). "Kami sangat terkejut dengan hasil penemuannya.

Penemuan para spesies laut ini seolah mengatakan bahwa banyak hal terjadi di berbagai bagian di Indonesia yang tidak diketahui. Spesies baru dari kepiting laba-laba juga ditemukan dalam ekspedisi ini. Salah satu dari mereka memiliki sebuah piringan yang melindungi matanya. Benda tersebut tampak seperti telinga besar sementara yang lainnya berwarna oranye cerah.

Para ilmuwan mengatakan bahwa mereka masih akan melakukan studi lebih rinci terhadap lebih dari 12 ribu makhluk dari 800 spesies yang mereka temukan dalam ekspedisi ini. Tim ini juga berharap bisa menemukan lebih banyak lagi spesies baru di ekspedisi mereka selanjutnya.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru