Film Anak Pertama Miles Usai 'Laskar Pelangi', Ini Alasan Orangtua Wajib Nonton 'Kulari ke Pantai'
Transkrip Wartawan/Fernando
Film

Mira Lesmana dan Riri Riza membahas banyak hal seputar film barunya tersebut. Simak apa saja yang disampaikan mereka berikut ini.

WowKeren - Mira Lesmana dan Riri Riza siap menghadirkan "Kulari ke Pantai" yang merupakan film bertema anak-anak pertama usai kesuksesan "Petualangan Sherina" dan "Laskar Pelangi". Kali ini mereka bekerjasama dengan Gina S Noer sebagai penulis naskah. Dalam jumpa pers yang digelar pada Jumat (22/6), mereka membahas banyak hal seputar film ini.

"Film anak pertama dari Miles Film. Film perjalanan pertama setelah hampir setelah 10 tahun baru kami buat lagi. Karena dulu ada 'Petualangan Sherina' dan terakhir ada 'Laskar Pelangi'. Ini film syuting di Rote, mulai Jakarta, Cirebon, Temanggung, Pacitan, Magelang, Bromo, Banyuwangi, sampai ke Rote lagi," ungkap Riri saat ditemui WowKeren dalam jumpa pers di di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan.

"Ini perjalanan panjang dan memang komitmen semua tim bekerja keras. Mereka muncul pas banget semua dengan semua keunikannya. Terutama dua pemeran utama yang luar biasa. Ibu mereka yang setia 1000 km lebih, Marsha Timothy. Mudah-mudahan film ini bisa menjadi berarti. Semua ibu dan bapaknya mendampingi. Syuting dengan anak-anak, tidak bisa syuting film biasa. Harus menciptakan suasana yang nyaman. Keluarga semuanya disini sangat mendukung. Selamat menikmati 'Kulari ke Pantai'," lanjutnya.

Mira Lesmana kemudian menceritakan ide cerita "Kulari ke Pantai". "Jadi penulisan yang kita lakukan cerita. Kita setahun bersama Riri dan Gina. Mencari cerita yang tepat tentang anak untuk film Anak-anak. Kami mencari sudut pandang anak-anak tidak mudah. Kami bolak balik, satu titik Gina ke 'Keluarga Cemara' dulu yang akan tayang nanti. Saya dan Riri duduk cukup lama. Kami membangun karakter, beberapa karakter sudah tahu siapa yang akan main. Kami ingin sekali kerjasama dengan Suku Dani dan Dodit. Dari situ kami mencoba memasukan karakter," jelasnya.


"Setelah itu kami serahkan ke Gina. Kemudian memanggil Ari Kriting. Gina selesaikan treatmennya dan draf 1. Kemudian kami, Happy, Gina memasukan karakter yang kental. Ari kita minta mengisi seluruh bagian komikanya. Kita bikin kosong, kami berikan konteks. Ari Kriting menulis dan mulai worksop sama Dani, Dodit dan lain-lain untuk mengisi komedinya," tambah Mira Lesmana.

Riri berharap film "Kulari ke Pantai" ini bisa bermanfaat bagi para orangtua sebagai masukan dalam proses mendidik anak-anak mereka. "Tergantung darimana kita melihat. Ini film yang menghibur anak-anak. Soal ulah Sam dan Happy. Mudah-mudahan ini menjawab renungan ortu, mendukung pendidikan anak-anak. Kami mencoba memotret situasi anak-anak yah," pungkas Riri.

"Bagian yang sulit bekerja sama anak-anak adalah tantangan yang perlu dipikirkan. Kami memiliki pengalaman banyak kerjasama dengan anak-anak. Kita perlu memberikan kondisi yang membutuhkan anak-anak. Menciptakan hal yang kondusif selama syuting. 35 unit mobil ada didepan dan belakang mobil. Ada disaat Uci (Marsha Timothy) harus nyetir sendiri. Hampir kami beradu kepala dengan truk yah. Terus soal cuaca juga menjadi tantangan karena syuting 80 persen di outdor. Jadi harus sesuaikan schedule," cerita Riri soal pengalaman syuting bersama anak-anak.

"Kita berusaha buat film tentang anak-anak. Kalau mau duduk bareng sama anak-anak, setiap rentan usia ada masalahnya masing-masing. Berusaha untuk ikutin tren di usia 10 tahun. Mudah-mudahan anak-anak bisa meihat diri dia sendiri. Dulu saya nonton Petualangan Sherina, saya punya teman seperti Sadam. Yah semoga menjawab kerinduan anak-anak yang pengin punya pengalaman baru," sahut Gina.

Sementara itu, "Kulari ke Pantai" dibintangi pemain cilik Maisha Kana dan Lili Latisha, Marsha Timoty, Ibnu Jamil, Lukman Sardi, Karina Suwandi, Suku Dani serta Dodit Mulyanto. Film ini bisa disaksikan mulai 28 Juni mendatang di bioskop-bioskop seluruh Indonesia.

(wk/chus)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru