Tak Cuma Distorsi Sejarah, 'Mr. Sunshine' Tuai Kritik Gara-Gara Masalah Ini
Official tvN
TV

Berikut ini merupakan hal-hal yang membuat 'Mr. Sunshine' menuai kontroversi.

WowKeren - "Mr. Sunshine" yang dibintangi Kim Tae Ri dan Lee Byung Hun meraup kesuksesan dalam urusan rating. Plot cerita, sinematografi serta akting para pemain drama tvN ini juga mendapat pujian bertubi-tubi. Sayangnya ada beberapa hal dalam drama yang dinilai tak sesuai dengan sejarah Korea hingga muncul petisi ke pemerintah sebagai bentuk penolakan.

Bersetting 1871 yang merupakan era peralihan sejarah Korea dari Joseon, "Mr. Sunshine" menceritakan tentang Choi Yoo Jin atau Eugene Choi (Lee Byung Hun) yang pergi ke Amerika Serikat dan kembali ke Joseon sebagai tentara negara tersebut. Ia membuat Go Ae Shin (Kim Tae Ri), wanita dari keluarga bangsawan jatuh cinta padanya. Mereka pun bekerja sama menyelamatkan Joseon dari Jepang.

Ada sejumlah alasan yang membuat publik menilai bahwa "Mr. Sunshine" telah mendistorsi sejarah. Salah satunya adalah karakter Yoo Yeon Seok yang menuai kontroversi. Selain itu, Kim Eun Suk yang merupakan penulis naskah membuat rakyat membenci Joseon dengan alasan rasional. Drama juga menampilkan penjarahan Jepang dengan terfragmentasi serta budaya Joseon disampaikan dalam bentuk sepihak.


Tak hanya soal distorsi sejarah, Kim Eun Sook juga dikritik karena dianggap menggaet para pemain papan atas dan sutradara dengan sinematografi berkualitas agar bisa mendistribusikan dramanya ke Netflix. Dengan begitu, ia mampu menambahkan hampir semua hal ke dalam sejarah Korea.

Selain Goo Dong Mae (Yoo Yeon Seok), karakter pro Jepang lainnya, Lee Wan Ik diceritakan ditinggal mati keluarga karena kelaparan. Namun ia malah memanfaatkan kondisi Joseon untuk kesuksesannya sendiri dan menjual negaranya pada orang Jepang.

Eugene Choi, si karakter utama menjadi orang Amerika setelah hidup menderita sebagai budak di Joseon. Ia menjadi tentara dan pulang ke Joseon dalam misi membantu tentara Amerika menguatkan posisi mereka di Joseon. Hal ini menuai kritik karena seolah membuat Amerika sebagai pahlawan penyelamat dan tidak lebih kejam dari Jepang.

Wah, bagaimana menurut kalian?

(wk/chus)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru