Tanpa Efek Samping, 8 Bahan Alami Usir Nyamuk dan Aman Untuk si Kecil
Lifestyle

Tidak harus menggunakan asap yang membahayakan pernapasan untuk mengusir nyamuk-nyamuk nakal.

WowKeren - Hewan kecil yang satu ini sangatlah mengkhawatirkan bagi kesehatan keluarga. Pasalnya, nyamuk atau yang kerap disebut aedes ini merupakan hewan pembunuh nomor satu. Sebab satu gigitannya saja dapat menyebabkan nyawa melayang. Tidak heran jika banayk produk yang memberikan penawaran untuk mengusir nyamuk. Paling laris dijual di pasaran adalah obat nyamuk berbentuk asap atau kini telah berubah menjadi elektrik menggunakan listrik.

Selain dari obat nyamuk tersebut adapula yang menggunakan obat semprot serangga. Saat ini bahannya telah dimodifikasi sehingga obat serangga itu memiliki aroma yang semerbak. Untuk menghindari obat-obatan dari luar, beberapa orang mempercayai untuk memkai lotion anti nyamuk. Namun, apakah bahan-bahan tersebut aman untuk anak dan minim resiko? Supaya tidak terus bertanya-tanya tentang keamanan bahan, lebih baik menggunakan yang alami saja dan sangat mudah didapatkan.

Bahkan kalian bisa mendapatkan dari dapur pribadi lho. Selain memanfaatkan beberapa bumbu dapur ini, kalian juga bisa menanggulanginya dengan beberapa tanaman. SImak yuk daftarnya.

(wk/Kres)

1. Daun Serai Paling Ampuh Usir Nyamuk


Daun Serai Paling Ampuh Usir Nyamuk

Serai, sere atau sarai merupakan tanaman rumput-rumputan yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur. Nama latin dari tanaman ini adalah Cymbopogon Citratus yang memiliki kandungan atsiri dan sitronela yang tidak disukai nyamuk. Tak heran jika banyak para pakar menggunakan sari dari tumbuhan ini sebagai salah satu bahan utama untuk produk pengusir nyamuk. Sebelum diolah bersama bahan kimia, kalian bisa memanfaatkan serai langsung untuk mengusir nyamuk dengan dicampur air hangat.

Caranya cukup mudah, masukkan serai pada air mendidih atau rebus serai selama beberapa menit. Lalu gunakan air rebusan serai untuk mengepel seluruh lantai rumah hingga di kolong meja. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lebih baik dilakukan pada sore hari agar baunya tahan lama hingga malam dan melindungi serangan nyamuk saat kalian terlelap. Jika merasa cara ini sedikit rumitg, kalian bisa langsung memotong daun serai menjadi beberapa bagian dan letakkan di beberapa ruangan yang kerap menjadi sarang nyamuk serta ruangan yang menjadi tempat kumpul keluarga.

2. Kulit Jeruk dengan Senyawa Lemonen


Kulit Jeruk dengan Senyawa Lemonen

Buah jeruk memang banyak manfaatnya dengan kandungan vitamin C yang cukup banyak. Bukan hanya buahnya yang menyegarkan, namun juga kulitnya bisa kalian manfaatkan untuk mengusir nyamuk. Jadi setelah makan buahnya, kalian bisa menyimpan kulitnya di bawah kolong tempat tidur agar nyamuk pergi jauh.

Hal ini dikarenakana terdapat senyawa lemonen yang terkandung dalam kulit jeruk sangat dibenci oleh nyamuk bahkan serangga lainnya. Senyawa lemonen tersebut bisa merusak zat pelindung sistem pernafasan serangga. Namun, penggunaan kulit jeruk untuk mengusir nyamuk jangan terlalu lama. Cukup satu hari saja, sebab jika kulit mulai membusuk malah akan mengundang banyak nyamuk untuk datang.

3. Bawang Putih Bahan Dapur Untuk Usir Nyamuk


Bawang Putih Bahan Dapur Untuk Usir Nyamuk

Bahan yang satu ini cukup mudah ditemukan di setiap rumah karena menjadi bumbu utama para ibu rumah tangga memasak. Selain wanginya yang semakin menambah harum masakan dan menggod selera, bawang putih punya manfaat lain. Baunya saat menjadi masakan yang sangat disukai banyak orang malah sangat dibenci oleh nyamuk.

Selain itu, bawang putih juga memiliki kandungan nicotinic acid yang dapat membuat nyamuk pergi. Cara mengolahnya pun cukup mudah, kalian cukup menyiapkan beberapa potong bawang putih kemudian merebus dengan air secukupnya hingga mendidih. Kemudian diamkan sejenak gara air bawang putih sediki lebih dingin dan masukkan dalam wadah semprot dan bisa disemprotkan di beberapa ruangan yang sering jadi sarang nyamuk.

4. Kemangi dengan Zat Geraniol


Kemangi dengan Zat Geraniol

Bahan pengusir nyamuk yang berasal dari daun-daunan berwarna hijau bukan hanya serai saja, namun ada juga kemangi. Daun dengan aroma kuat dan biasa untuk pelengkap makanan lalapan ini nyatanya memiliki banyak fungsi. Salah satunya sebagai pengusir nyamuk yang sangat ampuh dengan kandungan yang dimiliki adalah zat geraniol.

Zat itulah menyebabkan bau dari kemangi sangat kuat namun juga tidak disukai oleh serangga seperti nyamuk. Cara memanfaatkan daun ini cukup mudah. Siapkan beberapa tangkai daun kemangi dan haluskan daun tersebut dengan menumbuknya. Oleskan di bagian tubuh seperti tangan dan aki bahkan wajah dan dijamin nyamuk tidak akan mendekat.

5. Kayu Manis Ampuh Atasi Nyamuk Demam Berdarah


Kayu Manis Ampuh Atasi Nyamuk Demam Berdarah

Bahan yang satu ini memiliki bau harusm yang menjadi favorit para pemuja kue. Ya, kayu manis lebih sering digunakan sebagai pelengkap membuat kue, namun bahan satu ini juga bis digunakan untuk memasak. Karena aromanya tersebut dapat semakin menggugah selera. Namun, kayu manis rupanya sangat dibenci oleh nyamuk terutama jenis aedes aegytpti atau nyamuk demam berdarah.

Hal itu dikarenakan kayu manis memiliki senyawa kimia bernama cinnamaldehyde yang ampuh mengusir nyamuk penyebab dbd tersebut. Bukan hanya nyamuk saja yang akan menjauh sebab bahan ini rupanya juga bisa untuk mengusir semut. Dalam penggunaannya ada beberapa cara yaitu dengan diparut lalu ditaburkan di beberapa sudut ruangan yang paling utama adalah kamar tidur dan ruang keluarga. Atau bisa juga dengan dicapur air lalu disemprotkan ke bagian tubuh langsung.

6. Lada Hitam Beraroma Pedas


Lada Hitam Beraroma Pedas

Bumbu dapur yang satu ini bisa menjadi pengusir nyamuk yang cukup ampuh karena aroma pedas yang dimiliki lada hitam. Karena rasanya yang pedas, kalian bisa menempatkan di sudut ruangan yang sekiranya jauh dari jangkauan si kecil. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan si kecil dari konsumsi yang tidak disarankan pada bumbu dapur satu ini.

7. Bunga Geranium Harumnya di Benci Nyamuk


Bunga Geranium Harumnya di Benci Nyamuk

Di Indonesia, tanaman yang satu ini dikenal dengan sebutan tapak dara. Proses tumbuh kembangnya juga cukup gambang, kalian cukup menyebar bijinya dari potongan tangkao bunga ke tanah, ma abeberapa waktu kemudian tanaman ini akan tumbuh subur. Bunga ini juga cukup indah di pandang mata dengan warnanya yang beragam.

Selain kegunaannya untuk menghias taman, bunga ini juga merupakan obat pengusir nyamuk yang sangat ampuh. Hampir sama dengan kemangi, bunga geranium memiliki kandungan zat geraniol yang tinggi. Kandungan lain yang sangat tidak disukai oleh nyamuk adalah zt sitronelol. Kedua zat ini sangat mudah tertiup angin sehingga mudah juga tersebar ke ruang-ruang di sekelilingnya. Kalian bisa menanam bunga ini di dalam rumah dengan pot kecil.

8. Tanaman Marigold Indah nan Memabukkan


Tanaman Marigold Indah nan Memabukkan

Banyak yang asing dengan tanaman marigold, namun orang Bali pasti tahu bunga yang satu ini. Mereka biasa menyebut bunga ini dengan nama gumitir. Marigold adalah tanaman yang berasal dari Meksiko dan Guatemala. Di beberapa wilayah di Indonesia, bunga marigold sering dijumpai di pinggir-pinggir jalan.

Tanaman ini memiliki aroma yang sangat disukai oleh kupu-kupu namun sayangnya sangat dibenci oleh nyamuk. Pasalnya aroma wangi yang dikeluarkan oleh bunga marigold dapat membuat nyamuk mabuk dan pusing.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait