Dapat Memudahkan Pengguna, 10 Fitur iPhone Ini Malah Jarang Dipakai dan Diketahui
Tekno

Kalian pengguna iPhone? Sudah tahu kalau 10 fitur tersembunyi ini ada di ponsel kalian?

WowKeren - iPhone merupakan ponsel pintar yang dirancang dan dipasarakan oleh Apple Inc. iPhone merupakan salah satu produk ponsel yang laris dipasaran. Selain sudah mempunyai nama, ponsel ini juga desain, fitur dan sistem operasi sendiri yang dapat dikatakan juara banget.

Nah, dengan sistem operasi sendiri yang disebut iOS, iPhone tentunya tak sama dengan ponsel pintar lainnya. Di dalamnya terdapat banyak sekali fitur yang bahkan terkadang pengguna tidak mengetahui keberadaannya.


Mungkin hal ini terjadi pada kalian juga, nih. Coba pikirkan seberapa sering kalian mengutak-atik benda tersebut? Pasti masih banyak fitur yang terlewatkan yang tidak kalian ketahui.

Berikut 10 fitur iPhone yang jarang diketahui penggunannya. Simak di bawah ini, yuk.

(wk/nris)

1. Goyangkan iPhone untuk Menghapus Kalimat yang Telah Ditulis


Goyangkan iPhone untuk Menghapus Kalimat yang Telah Ditulis

iPhone punya fitur keren yang mungkin enggak semua pengguna menggunakannya. Fitur ini akan memudahkan kalian menghapus seluruh tulisan yang sudah diketik tanpa menekan tombol "x" bekali-kali.

Kalian cukup menggoyangkan iPhone ke kiri-kanan maupun atas-bawah. Kemudian akan muncul pemberitahuan, tekan "Undo" dan tulisan otomatis terhapus semua. Jika tidak menginginkan fitur ini, kalian bisa menon-aktifkannya, kok.

2. Matikan Musik Otomatis Dengan Timer yang Telah di Pasang


Matikan Musik Otomatis Dengan Timer yang Telah di Pasang

Nah, fitur satu ini bakal cocok banget buat kalian yang suka mendengarkan lagu saat akan tidur. Fitur tersebut dapat kalian temukan di aplikasi Clock bawaan iPhone. Lokasinya berada di paling bawah, benar-benar tersembunyi, ya.

Untuk menggunakannya, pertama putar terlebih dahulu lagu yang kalian inginkan. Kemudian beralih ke aplikasi Clock dan pilih "Timer". Gulir layar hingga paling bawah kemudian tinggal atur waktu yang kalian inginkan. Setelah itu, pilih "When Timer Ends" lalu "Stop Playing". Lalu musik akan berhenti sesuai waktu yang telah ditetapkan.

3. Atur Perubahan Cahaya dengan Jadwal


Atur Perubahan Cahaya dengan Jadwal

Apple menyertakan iPhone dengan pengaturan cahaya pada layar agar bersahabat dengan mata saat gelap. Dengan fitur ini kalian bisa mengatur cahaya pada waktu yang kalian inginkan. Misalnya, kalian dapat menghidupkan "Night Shift" dengan menyalakan kolom jadwal yang disediakan.

4. iPhone Memiliki Kode Akses Berupa Alfanumerik


iPhone Memiliki Kode Akses Berupa Alfanumerik

Kode akses biasanya hanya berupa angka atau huruf. Nah, iOS 10 menghadirkan kode akses alfanumerik dimana kalian dapat menggunakan huruf, angka, tanda baca bahkan simbol, lho.

5. Buat Pola Getaran Sendiri


Buat Pola Getaran Sendiri

Fitur kustomisasi getaran juga tidak banyak digunakan oleh pengguna iPhone. Padahal, fitur ini terbilang bermanfaat banget untuk memberikan notifikasi getar khusus pada teman tertentu. Jadi, kalian bisa mengenali telepon tersebut dari siapa meski tidak melihat namanya. Bermanfaat banget, ya.

6. iPhone Menyediakan Fitur Medis Lengkap


iPhone Menyediakan Fitur Medis Lengkap

Fitur seperti Healt di iPhone mungkin dimiliki beberapa merek ponsel lain. Fitur ini akan menyimpan seluruh data medis kalian dan digunakan saat kebutuhan penting. Rekaman medis tersebut dapat dilihat saat ponsel terkunci.

7. Fitur Waterpass di iPhone


Fitur Waterpass di iPhone

Fitur ini juga tidak banyak digunakan bahkan diketahui pengguna iPhone. Waterpass berguna untuk menentukan kemiringan suatu benda. Contoh kecilnya, fitur ini dapat dipakai saat kalian sedang menata lukisan atau foto di dinding.

Kalian cukup masuk ke aplikasi Compass, lakukan kalibrasi dan geser layar ke kiri. Jadi, kalian tidak perlu repot mengunduh aplikasi lain lagi.

8. Menghapus Angka Pada Kalkulator Dengan Menggeser Layar


Menghapus Angka Pada Kalkulator Dengan Menggeser Layar

Aplikasi Calculator pada iPhone mungkin terlihat merepotkan karena tidak memiliki tombol "delete". Kalian harus menghapus semua angka dengan menekan "C" saat terdapat kesalahan. Kesulitan tersebut disebabkan kalian yang tidak mengetahui tombol tersembunyi pada fitur itu.

Nah, tombol tersembunyi yang dimaksud adalah dengan menggeser angka yang kalian ketik ke kiri maupun ke kanan. Angka yang paling akhir bakal terhapus satu persatu. Mudah, bukan?

9. Mengajarkan Siri Pengucapan Kata yang Benar


Mengajarkan Siri Pengucapan Kata yang Benar

Siri merupakan asisten suara pribadi yang membantu pengguna untuk mengoperasikan dan menavigasi gadget buatan Apple termasuk iPhone. Nah, terkadang Siri dapat salah mengucapkan nama atau kata yang belum terdapat di dalam sistemnya.

Kalian dapat mengajari Siri untuk mengucapkan kata tersebut dengan benar, lho. Saat Siri salah mengucapkan kata itu, kalian bisa membalasnya dengan mengulangnya beberapa kali. Siri akan otomatis membuat beberapa pilihan pengucapan yang benar.

10. Mengontrol iPhone Dengan Gerakan Kepala


Mengontrol iPhone Dengan Gerakan Kepala

Fitur ini tak kalah keren dari yang lain. iPhone milik kalian dapat dikendalikan hanya dengan gerakan kepala, lho. Caranya hanya dengan membuka "Setting" kemudian pilih "General" dan selanjutnya "Accessibility". Setelah itu, tekan "Switch Control" serta pilih "Switch". Nah, kemudian kalian dapat menentukan bagian fitur mana saja yang akan di kontrol beserta dengan gerakannya. Keren banget, kan?

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait