Bisa Berbahaya untuk Kesehatan, Deretan Ponsel Ini Punya Radiasi yang Tinggi
Tekno

Bisa sebabkan gangguan kesuburan hingga dugaan pemicu kanker, waspadai paparan radiasi tinggi yang timbul dari penggunaan ponsel.

WowKeren - Hidup di era sekarang tak bisa dipungkiri jika manusia tidak bisa dijauhkan dari ponsel mereka. Hampir semua segi kehidupan bisa diurus dengan sekali klik melalui benda kotak kecil yang bernama smartphone itu. Tak heran jika berbagai penyakit juga bisa muncul akibat terus-menerus berhubungan dengan benda yang senantiasa ada dalam genggaman itu.

Ya, beberapa penyakit timbul akibat pengaruh radiasi ponsel ini. Radiasi yang dikirimkan ponsel bisa menyebar ke segala arah. Tidak sama dengan radiasi dari benda elektronik lain, namun radiasi ponsel juga bisa berbahaya jika terpapar kepada manusia terus menerus.

Ponsel yang ditaruh di saku celana misalnya. Dengan begitu, ponsel akan semakin dekat dengan organ-organ intim dan radiasinya bisa berpengaruh terhadap kesuburan.

Untuk ibu hamil, radiasi ponsel sebaiknya juga banyak diperhatikan. Janin yang terlalu banyak terpapar radiasi ponsel bisa memengaruhi pertumbuhannya. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya kurangi pemakaian ponsel pada ibu hamil. Hindari juga menaruh ponsel di atas perut.

Meski belum mendapatkan bukti yang kuat, radiasi ponsel juga disebut bisa memicu penyakit kanker. Namun, penelitian lebih lanjut masih harus terus dilakukan untuk dugaan ini. Akan tetapi, lebih baik mengurangi kemungkinan dengan tidak terlalu sering memakai ponsel, bukan?

Radiasi akan semakin keras dipancarkan jika ponsel tersebut bekerja mengirim sinyal. Sementara itu, tingkat radiasi yang terserap tubuh selama penggunaan ponsel disebut dengan Sprecific Absorption Rate atau SAR. Semakin tinggi nilai SAR, maka semakin tinggi pula energi radiofrekuensi yang terpancar oleh ponsel. Ini berarti akan semakin berbahaya pula ponsel tersebut untuk tubuh. Di sisi lain, Jerman pernah mengeluarkan sertifikasi mengenai tingkat radiasi ponsel yang masih aman, yakni di kisaran 0,6 watt perkilogram.


Sudah tahukah kamu mengenai ponsel mana saja yang ternyata memancarkan radiasi tinggi? Dilansir dari Stars Insider pada Jumat (16/11), ini dia ponsel-ponsel yang disebut memancarkan radiasi yang tinggi.

Termasuk dalam ponsel dengan radiasi tinggi, merek mahal seperti iPhone juga masuk dalam daftarnya. Tercatat iPhone 7 Plus masuk dengan tingkat radiasi 1,24 watts perkilogram. Lalu, ada pula iPhone 8 dengan tingkat radiasi 1,32 watts perkilogram. Disusul dengan iPhone 7 dengan tingkat radiasi yang cukup tinggi, yakni 1,38 watts perkilogram.

Selanjutnya ada merek-merek ponsel lain seperti Blackberry DTEK60 dengan radiasi 1.28 watts perkilogram, ZTE Axon 7 Mini dengan 1.29 watts perkilogram, Sony Xperia XZ1 Compact dengan 1.36 watts perkilogram, dan juga Nokia Lumia 630 yang cukup tinggi dengan 1.51 watts perkilogram.

Merek Huawei mendominasi daftar ponsel dengan radiasi tinggi ini. Merek mereka, yakni Huawei P9 Lite dengan 1.38 watts perkilogram, Huawei Nova Plus dengan 1.41 watts perkilogram, Huawei P9 dengan 1.43 watts perkilogram, Huawei GX8 dengan 1.44 watts perkilogram. Lalu ada pula Huawei P9 Plus dengan 1.48 watts perkilogram. Menjadi yanng tertinggi di merek Huawaei adalah Huawei Mate 9 dengan 1.64 watts perkilogram.

Untuk merek OnePlus, ada dua tipenya yang masuk dalam daftar ini, yakni OnePlus 5 dan OnePlus 5T. OnePlus 5 memiliki tingkat radiasi sebanyak 1.39 watts perkilogram. Kemudian, OnePlus 5T dengan 1.68 watts perkilogram.

Menduduki posisi puncak, ponsel dengan radiasi tinggi dipegang oleh merek Xiaomi Mi A1 dengan tingkat radiasi mencapai 1.75 watts perkilogram. Xiaomi masuk dalam kategori ponsel yang memancarkan radiasi cukup besar di antara ponsel-ponsel lain yang berasal dari Tiongkok, seperti ZTE, OnePlus, dan juga Huawei.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru