Penyebab Utama Kematian Stan Lee Akhirnya Dirilis Secara Resmi
Selebriti

Dokumen kematian ini dirilis tepat dua pekan setelah meninggalnya Stan Lee.

WowKeren - Legenda dan kreator Marvel, Stan Lee meninggal dunia di usia 95 tahun. Penulis, editor, penerbit, produser dan aktor dari Amerika tersebut dilarikan ke Cedars-Sinai Medical Center di mana ia menghembuskan napas terakhirnya pada Senin (12/11) pagi waktu setempat.

Berselang dua pekan setelah kematiannya, akhirnya dokumen kematian sang kreator dirilis oleh pihak Departemen Kesehatan Los Angeles. Dilansir Comic Book pada Kamis (29/11), dalam dokumen tersebut Stan Lee disebutkan meninggal akibat gagal jantung kongestif dan pernapasan. Tak hanya itu, komikus kondang tersebut rupanya juga aspiration pneumonia, yaitu komplikasi yang terjadi akibat masuknya makanan, asam lambung, air liur, atau benda asing lainnya ke paru-paru yang dapat memicu infeksi.

Di sisi lain, Stan Lee sendiri mulai membuat komik untuk pertama kalinya pada tahun 1941 tentang Captain America. Pada tahun 1960, Stan Lee mendirikan Marvel Comics yang memperkenalkan penokohan lebih lengkap dalam karakter seorang pahlawan yang kuat, sehingga menarik minat orang banyak, khususnya anak-anak.

Bekerja sama dengan beberapa seniman, termasuk Jack Kirby dan Steve Ditko, dia menciptakan Spider-Man, Hulk, Doctor Strange, Fantastic Four, Iron Man, Daredevil, Thor, X-Men, dan banyak karakter fiksi lainnya. Oleh karenanya, kabar meninggalnya Stan Lee ini tentu saja menjadi berita duka terutama bagi para penggemar karakter-karakter ciptaannya.


Usai pensiun membuat komik di usia 40 tahun, Stan Lee juga tetap eksis tampil sebagai cameo di sejumlah film Marvel, mulai dari "Iron Man" hingga "Avengers: Infinity War". Bahkan, kehadiran Stan Lee menjadi yang paling ditunggu oleh banyak penggemar.

Stan Lee telah dimakamkan secara pribadi sesuai keinginan terakhirnya pada 16 November yang lalu. Warisan dan karyanya akan terus berlanjut di komik-komik Marvel serta dalam franchise Marvel Cinematic Universe.

Sebelumnya, putri Stan Lee, yakni J.C. Lee mengungkapkan proyek terakhir yang dikerjakan oleh mendiang ayahnya. J.C. menyebut bahwa Stan Lee tengah membuat karakter superhero baru bernama Dirt Man. "Kami sedang mengerjakan karakter bernama Dirt Man. Aku berkata padanya (Stan Lee), 'Ayah, kumohon, jangan berisik, jangan ada baja atau apapun. Mari membuat Dirt Man'," ungkapnya.

Ditanya soal kemungkinan kemunculan karakter tersebut muncul di film Marvel mendatang, J.C. justru memberikan jawaban yang cukup retoris. Meski demikian, J.C. berjanji akan memberitahu jika karakter tersebut akan keluar di komik atau di layar lebar. "Kuharap begitu," jawabnya. "Ini sangat menarik. Kami masih punya sedikit rahasia."

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel