Sering Dikeluhkan Penonton, Ini Drama yang Paling Banyak Ngiklan di Setiap Episode
TV

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan berapa jumlah PPL yang ditempatkan drama Korea di setiap episodenya.

WowKeren - PPL atau Product Placement sering dijumpai di setiap episode drama Korea. Tak dipungkiri jika iklan-iklan yang disamarkan menjadi adegan terkadang mengganggu hingga memicu protes penonton.

Meski begitu, PPL tidak akan dihapus mengingat itu adalah salah satu sumber pendapatan drama. Baru-baru ini, sebuah penelitian menunjukkan bahwa drama Korea menampilkan sekitar 57 iklan produk per episode.

Menurut Viewer Rights Movement Center (YMCA), drama Korea yang ditayangkan di saluran televisi menggunakan setidaknya 18 PPL untuk mengiklankan produk. Dengan cara yang halus, drama atau berbagai program akan menampilkan produk atau membuatnya aktif digunakan oleh karakter untuk menarik konsumen.

Setelah penelitian secara cermat dari 17 drama, "Bad Papa" terungkap memiliki jumlah PPL terbanyak. Dalam satu episode, drama MBC yang dibintangi Jang Hyuk tersebut menempatkan 113 iklan untuk tujuan pemasaran.


Dalam banyak kasus, pemirsa mengeluh bahwa program televisi "seharusnya tidak boleh memiliki iklan", terutama untuk variety show. Namun, bahkan untuk drama, pemirsa telah menemukan contoh-contoh penempatan PPL tertentu yang tidak wajar, karena alur cerita akan tiba-tiba berubah agar sesuai dengan produk.

Sebagai contoh, salah satu karakter di drama KBS "Matrimonial Chaos" tiba-tiba melepas jaket selama percakapan. Sedangkan dalam drama SBS "I Am the Mother Too", salah satu karakternya mengubah pekerjaan dari menjalankan agen kosmetik ke bisnis restoran barbekyu.

Beberapa PPL dalam drama-drama populer juga sering dipermasalahkan penonton karena terlalu jelas. Contohnya adalah iklan mobil di "Descendants of the Sun", iklan ponsel di "Voice" season 1, iklan kosmetik di "Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo" dan banyak lagi.

Selain itu, ada satu produk sandwich yang nyaris selalu muncul di setiap drama Korea. Cara penempatan iklannya pun bermacam-macam. Mulai dari terang-terangan mengiklankan bak CF (iklan komersial) hingga penyamaran dalam adegan yang oke. Namun tak jarang netter menyindir produk tersebut karena terlalu sering ngiklan di drama Korea.

(wk/chus)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel