GDA 2019: iKON - BTS Raih Daesang Digital dan Album Fisik, Begini Perhitungannya
Official
Musik

Laporan tentang cara Golden Disc Awards 2019 menentukan peraih Daesang ditulis oleh Ilgan Sports.

WowKeren - Golden Disc Awards (GDA) 2019 atau ke-33 sukses digelar meriah pada Sabtu dan Minggu (5-6/1) kemarin. Ajang penghargaan musik bergengsi itu memberikan penghargaan tertinggi Daesang kepada iKON (divisi digital) dan Bangtan Boys (divisi album fisik).

Tak lama berselang, salah satu media Korea yakni Ilgan Sports merilis laporan yang merinci bagaimana komite Golden Disc Awards 2019 menentukan iKON dan BTS sebagai peraih Daesang.

Menurut laporan, data untuk Daesang divisi album fisik berdasarkan penjualan album dari Desember 2017 hingga November 2018. Sedangkan penjualan divisi digital diambil dari statistik Gaon Chart sampai Desember 2018.

Dalam kasus seorang artis merilis lebih dari 1 album dari periode tersebut, panitia hanya akan mengambil album penjualan tertinggi sebagai nominasi. Juga dalam kasus evaluasi untuk penghargaan Bonsang dan Daesang, album variasi dan OST drama pun tak diikutsertakan.

Album bisa dimasukkan nominasi penghargaan jika memiliki enam atau lebih lagu. Total lagu itu tak termasuk intro, outro, instrumental track maupun versi lain dari lagu di album yang sama. Total skor ditentukan dari 70 persen penjualan dan 30 persen evaluasi para ahli dari komite.

Data penjualan dari Gaon Chart diubah menjadi skor dan menggunakan standar untuk evaluasi kuantitatif, sedangkan evaluasi kualitatif dilakukan oleh komite eksekutif dari Golden Disc Awards 2019. Komite eksekutif terdiri dari 30 ahli dari berbagai bidang termasuk distributor, produser TV, kritikus musik, dan reporter budaya pop.


BTS, yang memenangkan penghargaan Daesang divisi album fisik selama 2 tahun berturut, mendapat skor tertinggi dari semua evaluasi dan tidak dapat disangkal sebagai pemenang Daesang tahun ini.

Skor BTS semakin tinggi dengan pencapaian luar biasa dari penjualan 2 juta lebih album untuk "Love Yourself: Answer". Semua komite eksekutif memberikan voting pada BTS dan mereka juga menerima 29 dari 20 di evaluasi Album of the Year.

Dengan pencapaian hampir nilai sempurna yakni 99,7 poin, BTS jauh di depan nominasi lainnya. Di bawah BTS, ada EXO yang menerima 55,6 poin. 3 besar album pilihan para juri untuk 2019 adalah BTS, Wanna One dan Twice.

Komite eksekutif tahun ini memulai debat panas saat pembahasan penjualan digital. Sepanjang tahun 2018 lalu, memang banyak dugaan-dugaan terkait sajaegi (manipulasi chart).

"Kami menaikkan tingkat presentase untuk evaluasi kualitatif dan mendasarkan evaluasi kami pada penjualan album yang dipilih oleh publik secara terpisah dengan mempertimbangkan berbagai aspek nominasi kami," ungkap perwakilan komite Golden Disc Awards 2019.

Dua artis YG Entertainment diungkap bersaing cukup sengit dalam penentuan Daesang divisi digital. Penjualan digital untuk iKON dan Black Pink sama-sama tinggi dan kedua grup ini memimpin dalam hal evaluasi kualitatif.

Dengan perbedaan kecil hanya 3,4 poin, Black Pink dan iKON secara tegas membuktikan kekuatan musik di bawah naungan YG Entertainment. Namun, "Love Scenario" iKON memimpin dengan berhasil mendapat 17 dari 30 voting dari evaluasi Digital Song of The Year. Dalam evaluasi pilihan ganda, BTS, Black Pink dan iKON menunjukkan skor tertinggi dengan masing-masing 29, 27 dan 25 voting.

(wk/amal)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru