Film 'Bumi itu Bulat' Ajarkan Toleransi di Kalangan Anak Muda
Twitter/qitmr
Film

'Bumi Itu Bulat' merupakan film kerja sama Astro Shaw, GP Ansor, dan Idesource Entertainment.

WowKeren - Khawatir dengan meningkatnya angka anak muda yang intoleran di Indonesia, Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor, Gus Yakuq bersama dengan produser film Robert Ronny, aktris Christine Hakim, komedian Arie Kriting, dan desainer fashion Jenahara Nasution memproduksi sebuah film bertajuk "Bumi itu Bulat". Film ini diharapkan dapat menjadi contoh yang baik bagi anak muda mengenai toleransi.

"Isu soal toleransi menjadi isu utama di dalam gerakan kita. Karena kita menyadari Indonesia adalah negara yang majemuk. Sebagai bangsa majemuk yang paling dibutuhkan adalah toleransi di antara para warganya," ujar Gus Yakuq saat jumpa pers pada Selasa (12/3). "Kita yang hidup di Indonesia dengan kemajemukan, harus disyukuri dan lestarikan dengan cara menumbuhkan persaudaraan warga negara dan toleransi antar sesama."

Dalam beberapa tahun mendatang, anak muda akan menjadi penentu kemajuan bangsa. Peningkatan penduduk berusia belasan hingga awal 20-an di Indonesia terus meningkat. Pergerakan anak muda kini juga kian masif.


Ditambah dengan berkembangnya media sosial serta makin mudahnya mendapatkan informasi baik dan buruk, ditakutkan anak muda dapat tertarik dengan radikalisme. "Intinya virus radikalisme dan intoleransi harus dibasmi bareng-bareng," lanjut Gus Yakuq.

Terkait dengan permasalahan ini, jajak pendapat Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Badan Intelijen Negara (BIN) pada 2017 memperlihatkan kurang lebih 39% mahasiswa dari 15 provinsi tertarik dan mudah terkena brainwash paham radikal. Pada tahun yang sama, Wahid Foundation yang bergerak dalam bidang kemanusiaan dan demokrasi sempat menyatakan bahwa hampir 60% peserta kegiatan kerohanian di institusi pendidikan disusupi oleh paham siap berjihad dengan jalan kekerasan.

Walaupun dengan fakta tersebut, sebenarnya radikalisme yang menyasar kepada anak muda dapat dilawan. Perhelatan Asian Games beberapa waktu lalu menjadi salah satu acara yang dapat melawan radikalisme. Ajang olahraga tersebut dinilai berhasil dalam mempererat kebangsaan dan menumbuhkan sikap patriotisme dan toleransi seluruh masyarakat.

Dari hal-hal tersebut, film "Bumi itu Bulat" yang diproduksi oleh Inspira Pictures bekerjasama dengan Astro Shaw, GP Ansor, serta Idesource Entertainment dibuat. Film "Bumi Itu Bulat" dipastikan akan tayang di bioskop seluruh Indonesia pada 11 April mendatang.

(wk/nere)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel