Temukan Dokumen Asli 'Kontrak Budak' SM dan TVXQ, Netter Hujat JYJ Habis-Habisan
Facebook/JYJ
Selebriti

JYJ mengajukan tuntutan hukum terhadap SM Entertainment pada 2009 dan baru-baru ini, netizen menemukan dokumen asli dari 'kontrak budak' TVXQ (lima member).

WowKeren - JYJ (Hero Jaejoong, Micky Yoochun dan Xiah Junsu) yang merupakan mantan member TVXQ mengajukan tuntutan hukum terhadap SM Entertainment pada 31 Juli 2009. Ketiganya mempermasalahkan kontrak yang dianggap tidak adil hingga istilah "kontrak budak" populer di kalangan publik.

Kasus hukum antara SM dan JYJ ini berakhir pada 2012 di mana kedua belah pihak mencapai kesepakatan. Baru-baru ini, netizen menemukan dokumen asli dari "kontrak budak" TVXQ (lima member) di website resmi Pengadilan Tinggi Korea Selatan.

Untuk penjualan album fisik domestik, TVXQ mendapat bagian 2 persen jika penjualan album mencapai 50 ribu sampai 100 ribu copy dan bagian 3 persen jika album terjual 100 ribu sampai 200 ribu copy. Jika penjualan di atas 200 ribu copy, TVXQ mendapat bagian 5 persen.

Selain itu, SM juga menambahkan bonus 50 juta won (sekitar Rp 620 juta) jika penjualan album mencapai 500 ribu copy dan 100 juta won (sekitar Rp 1,24 miliar) jika album terjual 1 juta copy. Dengan demikian, kelima member mendapat bayaran ekstra jika jumlah penjualan tersebut tercapai.


Kontrak TVXQ

Allkpop

Di sisi lain, seluruh biaya produksi ditanggung sendiri oleh SM Entertainment dan TVXQ mendapat persentasi bukan dari keuntungan bersih melainkan dari total penjualan. Artinya, pembagian persentasi antara SM dan TVXQ dilakukan sebelum penghitungan keuntungan bersih (yang hasilnya tentu akan lebih banyak dibanding setelah penghitungan).

Untuk penjualan album digital, TVXQ mendapatkan 10 persen sedangkan untuk penjualan album dan aktivitas luar negeri, mereka mendapat 70 persen. Untuk pemotretan album serta bayaran konser, TV, radio, majalah dan lain-lain, TVXQ mendapat 65 persen serta 10 persen untuk bisnis internet.

"Aku kira Lee Soo Man yang jahat dan JYJ benar-benar korban tapi ternyata enggak," komentar netter. "Pada akhirnya, TVXQ (U-Know Yunho dan Max Changmin) menang. Mereka grup dengan penghasilan terbanyak," kata netter lainnya.

"'Budak' paling kaya di dunia," ujar netter. "Sekarang TVXQ cuma dua orang dan kontraknya lebih baik. Nggak kebayang berapa banyak penghasilan duo ini," komentar lainnya. "'Kontrak budak' apanya. Hahaha," imbuh netter yang lain.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru