Kementerian Pendidikan Resmi Batalkan Gelar Sarjana Sejumlah Idol Ini dan Tolak Banding Universitas
Selebriti

Pada Januari lalu, sejumlah idol yang berkuliah di Universitas Dongshin gelarnya dicabut karena dianggap menerima perlakuan istimewa. Dan begini perkembangan terbarunya.

WowKeren - Pada Januari lalu, berita mengejutkan datang dari beberapa selebriti yang berkuliah di Universitas Dongshin. Pasalnya, sejumlah media mengabarkan kalau Kementerian Pendidikan membatalkan gelar sarjana beberapa idol yang berkuliah di sana.

Universitas Dongshin dinyatakan bersalah karena telah memberikan perlakuan istimewa kepada sederet idol yang berkuliah di sana. Mulai dari Kikwang, Yoon Doo Joon Highlight, Hyunseung eks BEAST, Eunkwang dan Sungjae BTOB, Yong Jun Hyung serta penyanyi tradisional Choo Ga Yeol.

Universitas memberikan perlakuan khusus dengan cara memberikan tanda hadir kepada para idol itu, meskipun mereka tidak berada di kelas. Mereka mengganti kelas dengan menyaksikan video siaran kuliah sebagai tanda kehadiran.

Namun tidak ada peraturan yang menyebutkan tentang hal itu sebelum tahun 2015. Sehingga Kementerian Pendidikan memutuskan bahwa kehadiran mereka tidak bisa diterima.

Sebulan sejak masalah itu mencuat, Universitas Dongshin mengajukan keberatan kepada Kementerian Pendidikan. Mereka meminta agar Kementerian Pendidikan membatalkan keputusannya dalam mencabut gelar para idol di atas. Saat itu, Kementerian Pendidikan menyatakan bahwa mereka akan meninjau permintaan tersebut dan menerimanya jika dianggap wajar.


Dan pada Senin (8/4), Kementerian Pendidikan akhirnya memberikan keputusan akhirnya. Seorang sumber menyatakan bahwa mereka tidak menerima permintaan Universitas Dongshin dan mereka tetap membatalkan gelar para idol.

"Permintaan untuk menarik pembatalan kredit dan gelar penyanyi idol telah ditolak," ujar sumber tersebut. "Kredit dan gelar yang diterima oleh Choo Ga Yeol, Yoon Doo Joon dan Lee Kikwang Highlight, Yong Jun Hyung, Eunkwang dan Yook Sungjae BTOB dan Jang Hyunseung akan dibatalkan."

Namun hal sedikit berbeda terjadi pada Sungjae, karena dia masih berstatus sebagai mahasiswa. Karena gelarnya tidak akan dibatalkan, meski semua kredit yang dilalui harus dihapus.

"Karena Sungjae masih berstatus mahasiswa, semua kredit yang telah diterimanya sejauh ini akan dibatalkan. Gelarnya tidak akan dibatalkan," terang sumber tersebut. "Sedangkan untuk enam penyanyi lainnya, semua catatan akademis mereka akan dihapus."

Di sisi lain, Universitas Dongshin menegaskan kalau mereka akan melakukan yang terbaik agar para mahasiswa tidak merasa dirugikan. Mereka bahkan siap menempuh jalur hukum.

"Keberatan kami untuk pembatalan gelar tidak diterima oleh Departemen Pendidikan. Tapi ini bukanlah akhir. Kami dapat mengajukan uji coba administratif atau gugatan jika kami memutuskan bahwa kami tidak dapat menerima hasil ini dalam waktu tiga bulan," ujar perwakilan Universitas Dongshin. "Kami akan melakukan yang terbaik untuk memastikan bahwa mahasiswa kami tidak dirugikan, termasuk tinjauan hukum terhadap situasi tersebut."

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait