Fotografer Prancis yang Tuding BTS Lakukan Plagiarisme Kini Tarik Kembali Ucapannya
Official
Musik

Sebelumnya, fotografer asal Prancis bernama Bernard Faucon menuding kalau 'Blood, Sweat & Tears' serta 'Young Forever' milik BTS memplagiat hasil karyanya.

WowKeren - Fotografer asal Prancis bernama Bernard Faucon menuding Bangtan Boys memplagiat karyanya. Ia menuding kalau konsep "Blood, Sweat & Tears" serta "Young Forever" merupakan tiruan hasil karyanya.

Bernard Faucon mengklaim bahwa kedua karya BTS tersebut plagiat dari karyanya yang berjudul "Les Grandes Vancances". Ia juga menuduh BTS mendapat ide untuk seri album mereka itu dari proyek fotografinya, "The Most Beautiful Day of My Youth".

Menurut agensi Bernard Faucon, pihak mereka telah mengirimkan surat kepada BigHit Entertainment, agensi BTS, di mana mereka menuntut permintaan maaf dan kerugian. Namun BigHit membantah adanya kesamaan antara karya Bernard Faucon dengan BTS.

Pada 18 April lalu, Bernard Faucon merilis pernyataan sebagai berikut:

Fotografer Prancis yang Tuding BTS Lakukan Plagiarisme Kini Tarik Kembali Ucapannya

Allkpop


" Aku menemukan album BTS 'The Most Beautiful Moment in Life: Young Forever' lama setelah dipublikasikan, dan langsung merasakan kesamaan inspirasi dengan seri fotografi lamaku, 'Summer Camp'.

Sejak dulu, foto-fotoku menggunakan manekin. 'Live Chambers'-ku atau 'Scriptures'-ku menginspirasi para sutradara panggung, desainer, penulis dan seniman lainnya di seluruh dunia.

Inspirasi dan interpretasi selalu menjadi pusat kreasi dan seni. Aku yakin bahwa menginspirasi berbagai wilayah seni dan budaya itu melekat pada setiap karya seni yang mendalam dan sensitif.

Seperti yang selalu aku katakan, aku menganggap ini kemungkinan terinspirasi dari karyaku sebagai tribut dan jelas bukan plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.

Aku suka BTS, album ini indah, aku merasa terhormat mengetahui bahwa 40 tahun kemudian, foto-fotoku masih menginspirasi artis-artis muda masa kini.

Paris, 18 April 2019. Bernard Faucon."

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru