Usung Tema Horor, Lagu F(x) 'Shadow' Dinobatkan Jadi Side Track K-Pop Terbaik Oleh Billboard Critics
Musik

Sering mengusung konsep yang nyentrik, lagu-lagu f(x) dari luar tampak ringan dan menyenangkan namun lirik mereka biasanya mengandung arti yang menyeramkan, aneh, dan mistis.

WowKeren - Salah satu grup besutan SM Entertainment, f(x) kini memang jarang terdengar kabarnya. Namun meskipun sedang dalam fase hiatus, grup yang digawangi Amber cs ini tak berhenti mencetak prestasi.

F(x) memang terkenal karena eksperimen mereka yang unik dalam memilih konsep untuk karya-karyanya. Sering mengusung konsep yang nyentrik, lagu-lagu f(x) dari luar tampak ringan dan menyenangkan namun lirik mereka biasanya mengandung arti yang menyeramkan, aneh, dan mistis.

Hal itulah yang membuat grup ini memiliki banyak fans setia dan disukai banyak orang termasuk kritikus Billboard. Baru-baru ini Billboard Critics merilis artikel yang membahas tentang 40 side track terbaik yang pernah dibawakan oleh seluruh artis K-Pop selama 10 tahun terakhir.

Dalam artikel tersebut terdapat banyak grup dengan side track terbaiknya seperti After School "Love Beat", Akdong Musician "Green Window" dan Infinite "Feel So Bad". Tetapi para penulis mengakui bahwa hanya ada satu kelompok yang memiliki side track terbaik dan terbanyak yakni f(x).

Terbukti tak hanya satu lagu f(x) yang berhasil masuk dalam daftar tersebut. Lagu f(x) yang berjudul "Airplane", "Shadow" dan lagu solo Luna "Galaxy" berhasil menembus daftar tersebut dan menjadikan f(x) sebagai satu-satunya grup yang terdaftar dengan lebih dari satu lagu.

Tak hanya itu, lagu f(x) yang berjudul "Shadow" bahkan berhasil menyandang status sebagai side track K-Pop terbaik menurut Billboard. Kritikus musik, Caitlin Kelley memuji lagu itu dengan mengatakan bahwa instrumen musiknya begitu unik.


"Ini adalah trik pintar untuk mengambil elemen aneh seperti xylophone, contoh vokal dan tema lirik cinta kemudian mengubahnya menjadi sesuatu yang menyeramkan," ungkap kritikus musik itu. Selain itu, Kelley juga memuji latar belakang musik yang menyeramkan menciptakan aura yang unik yang hampir seperti menjebak pendengarnya dalam dongeng yang menyimpang.

Meskipun terdengar penuh warna dan imajinatif seperti melodi kotak musik, nyanyian lembut f(x) menunjukkan sesuatu yang lebih menyeramkan. Lirik-liriknya yang menyimpan makna tersembunyi juga tak luput dari pujian kritikus.

"Xylophone yang terdengar di awal yang dipasangkan dengan lapisan vokal yang melengkung terdengar sangat meresahkan," lanjut Kelley. "Kalau kamu membaca liriknya, lagunya langsung menjadi sesuatu yang mengerikan."

"Awalnya lirik seperti 'Ketika matahari terbit, bersama dengan saya berjalan dalam sinkronisasi' terdengar romantis," lanjut kritikus itu. "Tetapi pada kalau diteliti lagi, lagu tersebut dinyanyikan dari perspektif penguntit."

Dalam lagu yang mengadaptasi dunia fantasi dan ancaman imajinatif ini, f(x) membuat tempat tersendiri dalam sejarah K-Pop. Tidak heran mengapa Krystal menyebut "Shadow" sebagai lagu favoritnya di f(x).

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait