'Dilan 1991' Kembali Dibikin Tanpa Izin untuk Kepentingan Komersial, Pidi Baiq Mengaku Heran
Falcon Pictures
Film

Kepopuleran film 'Dilan 1991' rupanya membuat sejumlah pihak memanfaatkan demi keuntungan sendiri. Sayangnya, pihak 'Dilan 1991' merasa tidak dimintai izin.

WowKeren - Tokoh Dilan yang diperankan Iqbaal Ramadhan begitu menyedot perhatian publik dalam film "Dilan 1990" maupun "Dilan 1991". Kisah cinta Dilan bersama Milea dalam film serta penampilannya dengan jaket denim begitu melekat dan banyak diidolakan kaum hawa.

Kepopuleran Dilan membuat banyak orang meniru hingga digunakan untuk kepentingan komersial. Hal itu sempat meresahkan Ody Mulya selaku produser Max Pictures karena hasil karya rumah produksinya digunakan tanpa izin hingga mengirimkan surat terbuka kepada Presiden RI.

Sayangnya, kejadian itu kembali terulang baru-baru ini. Sang penulis Dilan series, Pidi Baiq, mengungkapkan keheranannya melalui InstaStory dan kemudian dibagikan ulang oleh akun gosip Lambe Turah. Ia menyayangkan pihak-pihak yang memakai karyanya tanpa izin dari pihaknya maupun Max Pictures.


"Heran. Kalo bener ada pihak tertentu yang melakukan kegiatan syuting 'Dilan' entah itu untuk TV series atau katanya untuk iklan, kok saya dan pak Odi Max Pictures, gak tau ya?" tulis Pidi Baiq. "Harusnya kan izin dulu. Pidi Baiq."

Seperti diketahui, film "Dilan 1990" yang tayang pada 2018 lalu menyedot lebih dari 6 juta orang untuk menyaksikannya secara langsung di bioskop-bioskop Tanah Air. Perolehan tersebut membuat "Dilan 1990" menjadi film kedua terlaris sepanjang masa di bawah "Warkop DKI Reborn" bagian pertama.

"Dilan 1991" yang mulai tayang pada 28 Februari lalu menyusul kesuksesan "Dilan 1990" dengan memecahkan rekor "Avengers: Infinity War" pada hari pertama penayangan. Meski jumlah penontonnya tak dapat mencapai angka 6 juta orang, "Dilan 1991" tetap meraih posisi ketiga sebagai film terlaris sepanjang masa. Untuk film yang tayang pada 2019, "Dilan 1991" masih menduduki posisi puncak dengan angka 5,2 juta penonton.

(wk/nere)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru