Heboh Fenomena Meteor Jatuh Terekam di Langit Kalimantan Tengah Buat Warga Takjub
SerbaSerbi

Tak semua orang bisa beruntung memiliki kesempatan untuk menyaksikan fenomena langit yang menakjubkan, apalagi fenomena langka seperti hujan meteor di malam hari.

WowKeren - Fenomena langit memang bisa membuat manusia takjub, tak terkecuali peristiwa meteor jatuh yang sangat langka. Tak semua orang bisa mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan dahsyatnya pemandangan ini ketika malam hari.

Warga Kalimantan Tengah dihebohkan dengan penampakan meteor jatuh di langit Pangkalan Bun pada Selasa (7/5) malam hingga Rabu (8/5) dini hari. Damanik, seorang warga yang beruntung bisa menyaksikan fenomena ini secara langsung, mengatakan bahwa kejadian tersebut berlangsung ketika ia sedang duduk-duduk santai. Ia bahkan mengira meteor yang jatuh itu sebagai petasan.

"Ya saya tadi malam melihat sendiri pas saya duduk di sekitar Istana Kuning," kata Damanik di Pangkalan Bun, Kobar, Kalteng, Rabu (8/5). "Ya sekitar 30 menit habis buka puasa, warnanya keunguan. Saya kira mercon."


Tak hanya Damanik, fenomena tersebut juga disaksikan oleh seorang warga Kabupaten Katingan. Lewat akun Facebook miliknya, ia mengabadikan fenomena tersebut dan mengunggahnya ke media sosial.

"Kira-kira ini benda apa ya kawan-kawan?" tulis akun bernama @Wira Kalteng di Facebook pada Selasa (7/5). "Muncul di langit Katingan."

Fenomena ini dibenarkan oleh pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. Kepala BMKG Bandara Iskandar Pangkalan Bun Slamet Riyadi mengatakan bahwa memang ada puluhan meteor yang jatuh ke bumi. Peristiwa ini terjadi akibat adanya fenomena Hujan Meteor Eta Akuarid. Adapan sebab fenomena ini dapat disaksikan dengan jelas lantaran bertepatan dengan fase bulan sabit.

"Titik kemunculan meteor ini berada di dekat Bintang Eta Akuarid pada Rasi Bintang Akuarius,' kata Slamet dilansir dari Okezone, Rabu (8/5). "Fenomena ini dapat terlihat dengan baik, karena bertepatan dengan fase bulan sabit, sehingga cahaya bulan tak mengganggu."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru