Tak Lolos Ambang Batas Parlemen, PSI Mulai Siapkan Strategi untuk Pemilu 2024
Nasional

Partai Solidaritas Indonesia telah secara terbuka mengakui kekalahan mereka yang belum mampu menembus ambang batas parlemen sebesar 4,00 di Pemilu 2019 ini.

WowKeren - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) telah menerima kekalahannya dengan terbuka. Dalam hasil rekapitulasi suara yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), PSI belum mampu mencapai ambang batas parlemen sehingga gagal melenggang ke senayan.

Meski demikian, PSI tetap optimis untuk memperbaiki prestasinya. Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni mengatakan bahwa meski tak lolos ambang batas parlemen, partai yang diketuai oleh Grace Natalie ini nyatanya sudah berhasil menarik hati 3 juta orang pemilih. Modal inilah yang akan dipakai oleh PSI untuk kembali berjuang di Pemilu berikutnya.

"Pada hari ini hasil quick count itu mirip dengan hasil yang dirilis oleh KPU dan sekali lagi dengan senang hati, inilah hasil perjuangan kami," kata Antoni dilansir dari Kompas, Selasa (21/5). "Sekitar 3 juta orang pemilih PSI adalah modal utama untuk kami bergerak dalam 5 tahun ke depan."

Sejak hasil hitung cepat diumumkan pertama kali pada 17 April lalu, PSI sudah mengakui dan menerima kekalahan mereka. Bahkan Grace sebagai ketua umum juga sudah menggelar pidato kekalahan. Tujuan pidato itu adalah untuk memberikan pendidikan politik bahwa dalam demokrasi menang atau kalah adalah hal biasa.


"Ketua umum melakukan concession speech atau pidato kekalahan untuk memberikan pendidikan politik kepada anak bangsa," ujar Antoni. "Bahwa demokrasi adalah sebuah pertarungan konstitusional di mana akan ada selalu yang kalah dan ada yang menang."

Kekalahan dalam Pemilu kali ini bukanlah akhir dari perjuangan PSI. Justru, partai ini akan mulai memperbaiki diri dan menyusun strategi untuk Pemilu periode selanjutnya. Ia optimis bahwa PSI mampu menembus batas parlemen jika bekerja dengan sungguh-sungguh.

"Kami sudah mulai bekerja untuk menata diri, memperbaiki diri, memperbaiki strategi kampanye kami," tegas Antoni. "Supaya ke depan kami tampil sebagai partai yang ada di parlemen."

Pada hasil rekapitulasi suara yang ditetapkan oleh KPU ada Selasa (21/5), PSI mendapatkan urutan ke-12 dari 17 Parpol dalam hal perolehan suara. Partai ini memperoleh suara sekitar 2,6 juta atau setara dengan 1,89 persen.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait