Bawaslu Pastikan Kondisi Gedung Aman Meski Sempat Terbakar Bom Molotov
Nasional

Ketua Bawaslu Abhan memastikan bahwa kondisi gedung yang sebagian terbakar tidak mempengaruhi kinerja Bawaslu. Pihaknya masih tetap menerima laporan seperti biasa.

WowKeren - Gedung Bawaslu sempat terbakar karena dilempar bom molotov oleh massa pada Kamis (23/5) dini hari. Terlihat bagian jendela dan dinding depan masih menyisakan bekas gosong. Hal itu juga sudah dibenarkan oleh Ketua Bawaslu Abhan. Meski demikian, tak ada satu ruangan pun yang terbakar. Abhan memastikan bahwa semua dokumen terkait Pemilu 2019 dalam keadaan aman.

"Enggak ada kebakaran (di dalam gedung)," kata Abhan di Gedung Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (23/5). "Cuma kerusakan apa itu, lemparan molotov sesaat. Aman semua."

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Ratna Dewi Petalolo mengatakan bahwa akibat adanya insiden tersebut, berimbas pada terganggunya sejumlah agenda persidangan. Ia menyebut ada 9 agenda sidang terkait dugaan pelanggaran Pemilu yang harus dijadwalkan ulang minggu depan.

"Untuk sidang yang semestinya diagendakan pada hari Kamis kemarin, karena situasi tidak memungkinkan kita tunda sampai hari Senin (27/5)," tutur Ratna. "Untuk 5 sidang pembacaan putusan pendahuluan dan 4 sidang pemeriksaan.


Abhan memastikan bahwa sisa-sisa kerusuhan di Gedung Bawaslu tidak akan mempengaruhi kinerja seluruh jajaran Bawalsu. Baik karyawan maupun pimpinan, mereka akan tetap bekerja seperti biasa. Begitu juga dengan layanan pengaduan dugaan Pemilu. Masyarakat atau siapa pun tetap bisa membuat pengaduan mereka terlepas dari kondisi gedung Bawaslu saat ini.

"Kami tetap melaksanakan kegiatan-kegiatan apa yang semestinya jadi kewajiban kami," tegas Abhan. "Seperti penerimaan laporan, ini bagian dari pelayanan publik, kami tetap bekerja."

Bahkan, pada Rabu (22/5) kemarin saja, Bawaslu masih menerima laporan yang masuk. "Kemarin pun kami menerima laporan bagian TLP masih bekerja dan standby di sini. Penerimaan laporan dan barang, kali ada laporan yang sehari sebelumnya sudah menyampaikan laporan tetapi alat bukti kurang. Jadi bekerja seperti biasa," lanjut Abhan.

Sebelumnya, salah satu area di Gedung Bawaslu dilaporkan terbakar. "Benar, lantai 2 terbakar, dinding saja yang rusak. Dinding yang pinggir menghadap gedung Jaya yang ke arah Tanah Abang," kata anggota Bawaslu Ahmad Bagja dilansir dari Detik, Kamis (23/5).

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru