Akui Ada Error, Mnet Minta Maaf Soal Rumor Manipulasi Peringkat Akhir 'Produce X 101'
Twitter
TV

Pada Rabu (24/7) kemarin, akhirnya Mnet memberikan penjelasan lebih lanjut terkait dugaan adanya manipulasi peringkat 'Produce X 101' di ajang final. Simak penjelasan mereka berikut ini.

WowKeren - Rumor manipulasi peringkat akhir "Produce X 101" saat ini tengah menjadi perbincangan panas. Pasalnya, perbedaan selilsih peringkat di antara beberapa peserta sama persis, sehingga menimbulkan kecurigaan banyak orang.

Penggemar yang kecewa bahkan berusaha untuk membawa masalah ini ke jalur hukum. Saat diminta menanggapi polemik ini, sebelumnya pihak Mnet tetap bersikeras jika mereka tidak memanipulasi peringkat akhir.

Karena Mnet terkesan diam dan menghindar, ada banyak netter yang memberikan hujatan. Karena itulah, pada Rabu (24/7) kemarin, Mnet akhirnya merilis pernyataan resmi terkait rumor manipulasi peringkat ini.

Dalam pernyataannya, mereka mengakui adanya error, namun sama sekali tidak memanipulasi peringkat akhir. Hal ini mereka umumkan melalui akun Facebook resminya.

"Pengumuman ini berkaitan tentang kontroversi perbedaan suara pada pertunjukan langsung 'Produce X 101'. Pertama-tama, sebagai staf produksi yang bertanggung jawab, kami dengan tulus meminta maaf karena menimbulkan kontroversi atas voting SMS 'Produce X 101'."

"Selama pertunjukan langsung pada tanggal 19 (Juli), 'Produce X 101' mengungkapkan jumlah total suara individu berdasarkan pre-voting online gabungan dan voting SMS langsung ketika mengumumkan 11 anggota yang akan debut."


"Setelah siaran, staf produksi 'Produce X 101' menyadari bahwa kesenjangan suara antara beberapa peserta sangat identik. Setelah memeriksa, kami menemukan bahwa meskipun tidak ada masalah dengan total peringkat, ada kesalahan dalam proses menghitung dan menyampaikan jumlah total suara individu. Ini adalah penjelasan terkait perbedaan suara berulang di antara para trainee."

Mnet

Facebook

"Staf 'Produce X 101' yang bertugas menghitung suara selama siaran langsung memvalidasi peringkat melalui berbagai metode dengan mencatat peringkat berdasarkan jumlah suara dan juga menghitung berdasarkan persentase dari masing-masing trainee."

"Namun, dalam proses validasi peringkat, staf membulatkan persentase suara hingga dua tempat desimal. Penghitungan suara yang dikonversi dari persentase pemilihan suara diteruskan ke pertunjukan langsung."

"Kami sekali lagi mengonfirmasi bahwa tidak ada perubahan peringkat dalam proses ini. Kami meminta maaf sekali lagi kepada semua produser nasional yang telah mendukung dan memilih peserta 'Produce X 101' serta kepada para trainee dan pihak-pihak terkait."

"Kami akan meningkatkan sistem pemungutan suara melalui voting SMS dan sistem penghitungan untuk mencegah masalah ini terjadi lagi di masa mendatang. Staf produksi kami akan berupaya penuh untuk menghasilkan program yang lebih transparan dan adil di masa depan."

Sementara itu, 11 peserta yang berhasil masuk barisan akhir akan debut sebagai anggota X1 pada 27 Agustus mendatang. Mereka akan melangsungkan showcase debut di Gocheok Sky Dome, Seoul.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel