8 Drama Korea Ini Punya Biaya Produksi Tertinggi Hingga 2019, Ada Favoritmu?
Naver
TV

Biasanya biaya produksi akan semakin meningkat jika drama itu bergenre fantasi dan action yang membutuhkan lebih banyak biasa properti hingga efek grafis (CG).

WowKeren - Drama Korea Selatan kini tidak hanya dinikmati oleh publik dalam negeri namun juga di banyak negara. Hal itulah yang membuat industri drama Korea Selatan selama beberapa tahun terakhir memang tidak tanggung-tanggung dalam menggelontorkan dana.

Biasanya biaya produksi akan semakin meningkat jika itu bergenre fantasi dan action yang membutuhkan lebih banyak biasa properti hingga efek grafis. Selain itu, biaya besar juga dikeluarkan jika harus melangsungkan proses syuting di luar negeri atau menggandeng bintang drama populer.

Hingga tahun 2019, tercatat ada beberapa drama yang menghabiskan biaya mencapai puluhan miliar won. Kira-Kira apa saja drama itu, simak daftarnya berikut ini:

1. "Arthdal Chronicles"

"Arthdal Chronicles" merupakan drama fantasi di era kuno yang dibintangi oleh Song Joong Ki, Jang Dong Gun, Kim Ji Won dan Kim Ok Bin. Drama dengan total 18 episode itu mengeluarkan dana produksi sekitar 54 miliar won (sekitar Rp 638 miliar). Pengeluaran terbesar dari drama tvN ini adalah karena mereka membangun studio outdoor sendiri ditambah efek grafis (CG).

2. "Mr. Sunshine"

"Mr. Sunshine" tercatat menelan biaya produksi sekitar 30 miliar won (sekitar Rp 354 miliar). Drama yang dibintangi Lee Byung Hun, Kim Tae Ri, Yoo Yeon Seok dan Kim Min Jung ini per episode yang ditayangkan menghabiskan sekitar 1,5 miliar won (sekitar Rp 17,7 miliar).

3. "Vagabond"

"Vagabond" sudah menyelesaikan proses syuting meski hingga kini belum ditayangkan. Drama yang dibintangi oleh Suzy dan Lee Seung Gi itu menghabiskan biaya produksi sekitar 25 miliar won (sekitar Rp 295 miliar). Drama SBS ini dijadwalkan tayang September mendatang.


4. "Kingdom"

"Kingdom" merupakan drama Netflix yang dibintangi oleh Joo Ji Hoon, Bae Doona dan Ryu Seung Ryong. Drama yang menceritakan zombie di era historikal itu kabarnya menghabiskan biaya produksi mencapai 20 miliar won (sekitar Rp 236 miliar).

5. "Criminal Minds"

"Criminal Minds" adalah drama remake seri Amerika berjudul sama yang dibintangi oleh Lee Jun Ki dan Moon Chae Won. Drama tvN itu disebut menelan dana dengan nilai yang sama dengan "Kingdom" yakni 20 miliar won (sekitar Rp 236 miliar).

6. "Iris" season 2

"Iris" season 2 tayang pada 2013 lalu mengikuti kesuksesan "Iris" pada 2009. Drama yang dibintangi oleh Jang Hyuk, Lee Da Hae dan Lee Beom Soo itu tercatat menelan biaya mencapai 20 miliar won (sekitar Rp 236 miliar).

7. "Saimdang, Light's Diary"

"Saimdang, Light's Diary" mendapat begitu banyak perhatian saat ditayangkan pada 2017 karena merupakan drama comeback Lee Young Ae. Drama yang mengambil setting waktu di masa lalu dan masa kini itu menghabiskan biaya mencapai 20 miliar won (sekitar Rp 236 miliar).

8. "Are You Human Too?"

"Are You Human Too?" dibintangi oleh Seo Kang Joon dan Gong Seung Yeon. Drama KBS ini menelan biaya mencapai 10 miliar won (sekitar Rp 118 miliar). Drama ini menghabiskan biaya cukup besar dalam hal efek grafis.

(wk/amal)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait