Netter Sebut Lagu Idol Alami 'Krisis' Pasca Jarang Bertahan Di Posisi Atas Chart Digital Tahun Ini
Musik

Meskipun dimeriahkan oleh berbagai grup idol dan lagu baru. Namun masyarakat korea justru menemukan bahwa kepopuleran grup idol saat ini mengalami masa 'krisis'. Kok bisa?

WowKeren - K-Pop atau Korean Pop saat ini sudah berkembang pesat tak hanya di negara asalnya namun juga luar negeri. Setiap bulannya selalu ada grup idol baru yang memeriahkan industri ini dengan berbagai debutnya. Tak hanya itu, ada saja grup-grup idol yang juga rutin merilis lagu baru lewat comeback.

Namun meskipun dimeriahkan oleh berbagai grup idol dan lagu baru, masyarakat korea justru menemukan bahwa kepopuleran grup idol saat ini mengalami masa "krisis". Pada situs komunitas online Pann, netter mendebatkan bahwa grup idol tahun ini mengalami masa "krisis"-nya karena gagal bertahan dalam posisi atas chart digital.

Dalam forum Pann tersebut disebutkan bahwa lagu idol tidak berkinerja baik di tangga lagu digital tahun ini. Hal tersebut dibuktikan dengan screenshoot dari posisi atas chart melon yang didominasi oleh penyanyi solo, penyanyi indie dan bahkan OST drama. Berbeda dengan beberapa tahun lalu yang didominasi oleh grup idol seperti Sistar dan Big Bang.

Dalam forum tersebut, beberapa lagu idol yang menuai popularitas yang cukup baik yakni BLACKPINK (Black Pink) "Kill This Love", ITZY "Dalla Dalla" dan Bangtan Boys (BTS) "Boy With Luv". Dijelaskan juga bahwa banyak girl grup berusaha menciptakan tren baru tapi lagu-lagu mereka tidak populer dan hanya terdengar aneh.

Netter Sebut Lagu Idol Alami \'Krisis\' Pasca Jarang Bertahan Di Posisi Atas Chart Digital Tahun Ini

Pann


"Red Velvet 'Zimzalabim' dan ITZY 'ICY' adalah lagu eksperimental tetapi tidak populer. Girl grup dari perusahaan kecil tidak populer. Tidak ada grup seperti Sistar, A Pink atau Girl's Day lagi," tulis unggahan dalam forum tersebut.

"Boy grup juga tidak dalam situasi yang baik. BTS berpromosi di luar negeri. Beberapa anggota EXO telah wamil, Wanna One telah bubar, Bigbang terlibat dalam skandal yang berurutan. Tahun ini terlalu membosankan. Musim panas adalah pertempuran untuk girl grup di masa lalu, tapi lagu-lagu balad mendominasi sebagian besar chart tahun ini," lanjut unggahan tersebut.

Menanggapi hal ini, banyak netter yang ikut setuju dengan unggahan tersebut. Banyak netter yang menyebutkan bahwa sistem chart digital kini semakin bagus sehingga membuat chart bekerja dengan baik.

"Itu karena mesin (sistem) mengambil alih chart musik. Jika kita mengecualikan mesin di Melon, idol akan memiliki peringkat lebih tinggi di 10 besar," respon netter. "Lagu Chen 'Beautiful Goodbye' melakukannya dengan baik. Aku pikir Chen adalah satu-satunya yang melakukannya dengan baik di EXO tahun ini," lanjut netter.

"Lagu idol tidak berjalan dengan baik. Tetapi lagu-lagu balad berada di chart lagu teratas, semua itu berkat mesin," lanjut netter. "BTS ‘Boy With Luv’ berhasil dengan baik dan mencetak rekor baru di Melon. Tetapi sekarang setelah kupikirkan, aku biasanya menghafal lagu-lagu girl grup tanpa mendengarkan lagu-lagu mereka di Melon saat musim panas karena biasa mendengarnya di mana-mana tetapi sekarang tidak seperti itu lagi," sahut netter lain. Bagaimana menurut kalian?

(wk/putr)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait