BTS, BLACKPINK dan Twice Diklaim Cuma Populer di Negara Tertentu Picu Beragam Komentar
Twitter
Selebriti

Menurut analisis BLIP mengenai data YouTube selama setahun dari Juli tahun lalu, popularitas BTS, BLACKPINK dan Twice di berbagai negara sedikit berbeda. Seperti apa?

WowKeren - Tidak berlebihan jika BTS (Bangtan Boys), BLACKPINK (Black Pink) dan Twice disebut sebagai grup K-Pop paling populer saat ini. Baik secara domestik atau global, popularitas tiga grup tersebut memang tidak perlu diragukan lagi.

BLIP yang merupakan situs analisis data dan tren berhubungan dengan K-Pop baru-baru ini merilis peta popularitas BTS, BLACKPINK dan Twice di dunia. Ini berdasarkan analisis data YouTube untuk 76 bintang K-Pop.


Menurut analisis BLIP mengenai data YouTube selama setahun dari Juli tahun lalu, total 26,55 miliar video idol K-Pop telah ditonton di seluruh dunia. Di antaranya hanya 10,1 persen dari total dilihat di Korea. Sekitar 89,1 persen sisanya melihat video K-pop di luar negeri. Meskipun popularitas global K-Pop begitu tinggi, ini pertama kalinya dibuktikan oleh angka-angka objektif.

Menurut analisis negara-oleh-negara tentang jumlah viewers YouTube oleh penyanyi K-pop, Indonesia (9,9 persen) berada di peringkat kedua dunia setelah Korea Selatan (10,1 persen). Thailand mengikuti dengan 8,1 persen, Vietnam dengan 7,4 persen dan Amerika Serikat dengan 7,4 persen.

BTS, BLACKPINK dan Twice Diklaim Cuma Populer di Negara Tertentu

Source: Knetizen

Popularitas grup K-pop di berbagai negara juga sedikit berbeda. BTS, yang telah muncul sebagai bintang global, mendapat dukungan besar di Amerika Serikat dan Eropa. Mereka menyumbang 20,9 persen dari total viewers K-Pop.

Sebaliknya di Asia, bagaimanapun, BLACKPINK dan Twice sangat populer. Khususnya di Indonesia dan Thailand, jumlah video BLACKPINK yang ditonton lebih dari dua kali lipat dari BTS. Sedangkan Jepang, Twice sangat dominan. Termasuk Momoland dan EXO, ada lima grup yang menyumbang 54,3 persen dari total viewers, lebih dari setengah dari total.

"Twice paling populer di Jepang karena ada tiga member Jepang. BLACKPINK juga memiliki member asal Thailand, jadi BLACKPINK paling populer di sana. Sementara BTS paling populer di Amerika Serikat meskipun semua membernya orang Korea. Bagaimanapun BTS adalah yang terbaik," komentar netizen.

"Sekarang ketika aku ke Amerika, aku menyadari bahwa BTS sangat populer di luar negeri. Itu sangat menakjubkan. Aku bangga dengan BTS yang selalu menunjukkan diri mereka sebagai penyanyi Korea, aku selalu mendukung BTS," tambah netizen lain. "BLACKPINK tampaknya menjadi populer hanya di negara-negara tertentu, tetapi BTS juga lebih populer di Asia daripada grup lain. YG hanya populer di Asia Tenggara," sahut yang lain.

"Faktanya, selain Amerika Serikat, BTS mendominasi Eropa, Brasil, Chili, Peru, Amerika Selatan, Taiwan, Hong Kong, Makau, Cina, Indonesia, Singapura, Arab Saudi dan banyak lagi. BTS adalah mega bintang paling cemerlang dan hebat di Korea. Tidak ada yang dapat menyangkal bahwa BTS telah memberikan kontribusi besar untuk meningkatkan status K-Pop yang kini sangat populer di Amerika Serikat dan Eropa di mana sulit ditembus sebelumnya. Jujur aku sangat bangga dengan BTS," pungkas lainnya.

You can share this post!

Related Posts
Loading...