Banyak Pengendara Langgar Ganjil Genap, Ada Oknum Polisi Hingga Kejaksaan
Nasional

Ketika diingatkan untuk putar balik mengambil jalur alternatif, seorang oknum berseragam polisi justru hanya memberi hormat sambil berlalu melintas di Simpang Utan Kayu.

WowKeren - Perluasan ganjil genap telah secara resmi diterapkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai hari ini, Senin (9/9). Semenjak sistem ini diberlakukan, banyak pengendara yang tampak melakukan pelanggaran.

Di Jalan Pramuka, Jakarta Timur, misalnya. Dilansir dari Antara, sejumlah mobil pribadi pelat nomor polisi genap yang dikendarai oknum aparat dari sejumlah instansi pemerintah tampak melintas di sana.


Petugas Dishub DKI Jakarta Budi Wibowo mengatakan bahwa pihaknya telah mengingatkan agar mereka memutar jalan. Alasannya, penindakan mobil berpelat nomor merah bukanlah lagi ranahnya.

"Kami sifatnya hanya mengingatkan saja untuk mereka putar balik," tutur Budi dilansir dari Antara, Senin (9/9). "Sebab penindakan ada di ranah kepolisian (mobil pribadi). Kecuali kendaraan barang berpelat nomor hitam, kita bisa tindak."

Budi telah bersiaga di Simpang Utan Kayu sejak pukul 06.00 WIB bersama kawannya. Simpang Utan Kayu merupakan perlintasan dari arah Universitas Negeri Jakarta ke Jalan Pramuka. Sejumlah oknum pengendara berseragam polisi, kejaksaan, dan sejumlah instansi pemerintahan lainnya tampak melintas di kawasan ganjil-genap tersebut menggunakan mobil pribadi berpelat genap.

Bahkan, ada salah satu oknum yang ketika diingatkan oleh petugas Dishub, tidak menggubrisnya. "Perluasan (ganjil-genap) ya, pak? Maaf saya sedang buru-buru ke kantor ada apel," kata salah satu oknum masih dilansir dari Antara.

Lebih jauh, ada salah seorang oknum polisi yang ketika diingatkan justru hanya memberi kode hormat dan tetap melaju ke Jalan Pramuka. "Biarin saja, yang penting kita sudah coba ingatkan. Nanti juga kena batunya," ucap Danang.

Jalan Pramuka Timur bukan satu-satunya perlintasan yang terkena rekayasa ganjil genap. Ada Jalan MT Haryono, Jalan DI Panjaitan, dan Jalan A Yani.

Sebelumnya, dilaporkan banyak mobil terkena tilang, khususnya mereka yang ada di tol pintu masuk-keluar Jakarta. "Masih banyak yang kena, soalnya ini kan arah masuk tol," kata salah seorang petugas seperti dilansir dari CNN Indonesia, Senin (9/9).

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts