Heboh Ular Raksasa Ikut Terpanggang Karhutla di Kalimantan Bikin Miris
Twitter/rizamsyafiq
SerbaSerbi
Darurat Kabut Asap Kalimantan

Warganet baru-baru ini dihebohkan dengan potret parahnya dampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sampit, Kalimantan Tengah, pada kehidupan satwa liar.

WowKeren - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sejumlah wilayah di Indonesia, seperti Kalimantan Tengah dan Sumatera Selatan, masih menjadi permasalahan besar hingga kini. Baru-baru ini, warganet dihebohkan dengan potret parahnya dampak karhutla ini pada kehidupan satwa liar.

Foto viral tersebut menunjukkan seekor ular berukuran raksasa yang tampak gosong terpanggang akibat karhutla. Foto tersebut diunggah oleh akun Twitter @rhajayawangi, dan disebut terjadi di hutan Sampit, Kalimantan Tengah.

rhajayawangi

Twitter

Garda Satwa Foundation dalam unggahan di akun Instagram-nya pada Minggu (15/9) lantas menjelaskan jenis ular raksasa tersebut. Ular yang hangus terbakar dalam foto itu disebut masuk dalam keluarga ular Piton.


Suku Dayak Pedalaman hutan Kalimantan menyebut ular raksasa tersebut sebagai Tangkaluk atau Phyton Raja. Saking besarnya, ular ini juga disebut-sebut sebagai Anacondanya Indonesia.

Foto-foto ini membuat banyak warganet merasa miris dan prihatin. Beberapa warganet ada yang merasa khawatir pada nasib satwa-satwa lain yang lebih kecil dari ular piton raksasa ini. Ada pula yang khawatir terhadap dampak asap karhutla pada manusia.

"Ini baru ular loh, blm lagi binatang lainnya. jahat ya manusia, sifatnya nauzubillah. HAI MANUSIA, YG HIDUP DIBUMI INI BUKAN CUMA SPESIES KAMU. skrg senang2 lah menikmati segala kehancuran yang kau sebabkan. diakhirat, kau dicari mereka yang telah kau bunuh dgn cara kejam," komentar akun @my***i_. "Orang utan gimana nasibnya ya Allah," timpal akun @ab***az.

"Betul itu sanca kembang.. kasihan. Tp lebih kasihan lagi berjuta manusia yang saat ini masih dikepung asap di sumatera, borneo dan malaysia.. semoga diberikan kekuatan, dan para pembakar lahan dan hutan diberikan kesadaran. Aamiin," tulis akun @bu***uk. "Yang ditemukan cuma ular yang gede pula di api yg udah berhasil dimatikan. Mungkin masih banyak hewan2 lain yang mati dan bahkan sudah menjadi arang :( gak kebayang," komentar akun @ne***oi.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts