Film 'Kucumbu Tubuh Indahku' Wakili Indonesia di Piala Oscar 2020 Meski Tuai Kontroversi
Instagram
Film

Film 'Kucumbu Tubuh Indahku' dipilih 10 dari 13 juri dibanding 'Ave Maryam' dan '27 Steps of May' untuk mewakili Indonesia dalam kategori 'Best International Feature Film'.

WowKeren - Academy Awards atau yang lebih dikenal dengan sebutan Piala Oscar merupakan ajang penghargaan untuk industri perfilman Hollywood. Namun di antara kategori-kategori yang dipertandingkan, film dari berbagai negara juga dapat ikut serta bersaing di "Best International Feature Film". Sebelumnya, kategori tersebut bernama "Best Foreign Language Film".

Pada 2018 lalu, "Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak" mewakili Indonesia untuk kategori "Best Foreign Language Film" namun gagal lolos di babak semifinal. Untuk Academy Awards 2020 mendatang, tiga film diseleksi oleh Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), bersama Komite Seleksi Film Indonesia. Tiga film tersebut adalah "Kucumbu Tubuh Indahku, "27 Steps of May", dan "Ave Maryam".

"Kucumbu Tubuh Indahku" karya Garin Nugroho terpilih sebagai wakil Indonesia untuk Piala Oscar yang digelar di Dolby Theatre Hollywood, Los Angeles, pada 9 Februari 2020 nanti. Christine Hakim selaku Ketua Komite Seleksi Film Nasional membeberkan alasan "Kucumbu Tubuh Indahku" berhak mewakili Indonesia dalam ajang bergengsi tersebut.

"Kami sepakat untuk memilih ‘Kucumbu Tubuh Indahku’, karena kami melihat bahwa dari film itu sebagai sebuah karya film lengkap," ujar Christine dilansir Kumparan. "Film itu bukan hanya bahas oral dan bahasa gambar saja, tapi ada bahasa batin dan rasa."


"Di samping juga message-nya cukup kuat. Bicara kemunafikan universal sekali. Bahwa orang yang membuat hukum, tapi ternyata yang membuat hukum itu sendiri melakukan hal yang lebih buruk lagi," sambungnya. "Dan menganggap dunia ini milik sekelompok kecil saja. Sehingga, orang-orang yang dianggap ‘tidak bermoral’ itu tidak boleh ada di tanah itu."

Reza Rahadian yang merupakan salah satu anggota Komite Seleksi Film Nasional membeberkan bahwa "Kucumbu Tubuh Indahku" dipilih 10 dari total 13 juri. Film yang dibintangi Randy Pangalila tersebut juga diketahui banjir penghargaan di festival film Internasional bahkan sebelum resmi tayang di Indonesia pada 18 April 2019.

"Jadi, ya majority-nya memilih film tersebut dan saya rasa memang kita sudah lihat rekam jejak film itu di berbagai macam Internasional film festival yang juga baik," tandas Reza. "Jadi, mudah-mudahan ini keputusan yang tepat."

Kendati demikian, film "Kucumbu Tubuh Indahku" sempat memicu kontroversi hingga dilarang tayang di beberapa kota. Muncul petisi yang ditandatangani ribuan orang untuk memboikot penayangannya. Berdasarkan trailer, banyak orang menganggap "Kucumbu Tubuh Indahku" turut andil menyebarluaskan tema LGBT.

(wk/nere)

You can share this post!

Related Posts