MAMA 2019: Sempat Batal Karena Masalah Politik, Mnet Pastikan Gelar Acara di Jepang
Musik

Ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh Mnet dan CJ ENM ini kerap kali digelar pada beberapa negara. Akibat dari masalah politik yang menimpa Jepang-Korea, bahkan sempat membatalkan dan berusaha mencari venue di negara lain.

WowKeren - Mnet Asian Music Awards (MAMA) merupakan salah satu ajang penghargaan yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Tak hanya di Korea saja, MAMA bahkan menjadi ajang penghargaan musisi terbesar di Asia.

Ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh Mnet dan CJ ENM ini kerap kali digelar pada beberapa negara seperti Korea, Jepang dan Hong Kong. Akibat dari masalah politik yang menimpa Jepang-Korea, Mnet bahkan sempat membatalkan dan berusaha mencari venue di negara lain.

Bahkan pihak MAMA sempat memiliki daftar negara yang akan menggantikan Jepang. Thailand dan Vietnam bahkan sempat disebut sebagai venue.

MAMA sendiri telah diadakan di Hong Kong selama tujuh tahun terakhir. Pada tahun 2017, MAMA diadakan di dua negara sekaligus yakni Jepang dan Vietnam. Sedangkan di tahun 2018, MAMA juga diadakan di Jepang dan Korea.


Secara mengejutkan, pada Selasa (24/9) Mnet mengumumkan bahwa MAMA 2019 akan diadakan di Nagoya Dome Jepang pada 4 Desember. Bahkan ini merupakan kali pertama MAMA akan diadakan di kubah dan disebut sebagai pagelaran terbesar hingga saat ini.

"Ada diskusi mendalam tentang tempat tersebut karena hubungan Korea-Jepang tegang,'' ungkap pihak Mnet. ''Tetapi konsensus umum adalah bahwa pertukaran budaya rakyat harus terus berlanjut terlepas dari masalah politik."

''Sesuai namanya, MAMA telah menjadi mapan sebagai pertunjukan penghargaan musik top di Asia,'' ujar Direktur konten musik CJ ENM, Shin Hyung Kwan. ''Kami akan melanjutkan upaya kami untuk musik K-pop dan Asia untuk melampaui batas-batas nasional dan budaya untuk menjadi arus utama di seluruh dunia. "

Jepang sendiri merupakan salah satu pasar terbesar dalam gelombang Hallyu. MAMA juga telah memasukkan Jepang sebagai lokasi sejak tahun 2017. Puncaknya pada tahun 2018, ajang penghargaan itu diadakan di 3 negara sekaligus yakni Korea, Jepang dan Hong Kong. Pada MAMA Jepang, banyak selebriti top hadir termasuk aktor Park Bo Gum.

Meski Jepang sudah dikonfirmasi tempat dan tanggal diselenggarakan, untuk Korea sendiri hingga saat ini masih belum diketahui secara pasti. Pihak penyelenggara pun juga masih belum mengumumkan daftar line up penampil.

(wk/putr)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel