Netizen Sebut Isi Kontrak 5 Tahun X1 Tak Adil dan Mirip Perbudakan
Instagram/x1official101
Selebriti

Isi kontrak X1 mengundang perhatian serta komentar dari para netizen di situs komunitas online Pann di mana mereka melihatnya sebagai tak jauh berbeda dengan kontrak budak.

WowKeren - Para member X1 terikat kontrak dengan CN E&M selama 5 tahun (60 bulan). Dari saat mereka mulai merilis album, mereka harus menjalani kegiatan promosi hanya sebagai member X1 selama 2,5 tahun (30 bulan).

Setelahnya, mereka dapat menjalani kegiatan promosi grup bersama dengan kegiatan individu. Namun para member, kemungkinan tak menjalani aktivitas grup di waktu yang bersamaan melainkan sebagai member grup dalam jangka waktu yang ditentukan agensi yaitu Agustus 2022 - Januari 2023, Agustus 2023 - Januari 2024 dan Mei 2024 - Agustus 2024.

Dalam kontrak di Korea, orang-orang dalam kontrak dilabeli dengan sebutan (sesuai urutan tertinggi hingga terendah) Gab, Eul, Byung dan Jung. Dalam kasus ini, Gab kemungkinan besar adalah perusahaan (CJ E&M) dan Byung adalah member X1.

Seorang peserta ajang survival "Produce X 101" mengatakan, "Karena kami bukan Eul tapi Byung, kami harus lebih memaksa diri dan harus bekerja lebih baik. Aku penasaran apa yang akan terjadi kalau kami membuat mereka tidak senang jadi kami harus hati-hati."

"Pembagian keuntungan juga tidak adil bagi agensi masing-masing member. Tidak peduli apakah lagunya sukses atau tidak, hanya 1 juta won (sekitar Rp 11,8 juta) yang diterima agensi sementara keuntungan tambahan semuanya diambil CJ E&M. Melihat syarat yang tidak adil, beberapa agensi meminta trainee mereka ditarik dari acara di detik-detik terakhir."

Netizen Sebut Isi Kontrak 5 Tahun X1 Tak Adil dan Mirip Perbudakan

Pann


Isi kontrak X1 ini tentu saja mengundang perhatian serta komentar dari para netizen di situs komunitas online Pann. Melihat isi kontrak yang dinilai tak adil, mereka menyebut kontrak X1 dengan CJ E&M tak berbeda dengan kontrak budak.

"Kalau kalian fans, kita harus bergabung dan menolak ini. Berapa banyak para member mendapat bayaran? Mereka bahkan tidak memperlakukan para member dengan baik dan mereka dibenci karena imej hasil voting yang dicurangi. Mereka bahkan tidak dibayar dengan layak."

"Bukankah ini hampir seperti kontrak budak?"

"Mereka bilang para member bisa promosi sampingan selama 2,5 tahun tapi kalau kalian lihat lebih dekat, mereka hanya bisa melakukan promosi sampingan selama 1 tahun. Member yang punya tempat untuk kembali semuanya diblokir, apa kalian tidak keberatan? ini benar-benar kontrak budak dan merugikan para member. Mereka tidak punya waktu untuk kembali ke agensi mereka dan membangun karir sendiri. Ini hampir seperti X1 akan mengakhiri karir mereka sebagai idol. Sejujurnya, mereka bahkan tidak dibayar dengan benar, tidak bisa tampil dengan baik di TV publik, tidak bisa membintangi iklan... Aku pikir tahun depan, jadwal mereka sudah akan dipenuhi dengan tur ke luar negeri. Bukankah masa depan sudah jelas? Dijamin jadwal mereka akan dikemas dengan tur ke luar negeri... Pokoknya semua palsu jadi mari kita dorong untuk pembubaran. Jujur saja, ini bukan grup normal."

"Ini sangat merugikan bagi anak-anak di bawah umur, mereka seharusnya berada di masa-masa paling cemerlang. Dohyun-ah, kau masih sangat muda sekarang jadi kau masih akan tetap muda dalam 5 tahun. Tapi untuk anak-anak kelahiran 2002, mereka masih muda sekarang, tetapi dalam 5 tahun, mereka akan berusia 23 tahun. Imej mereka selama 5 tahun akan terpakai seluruhnya jadi siapa yang akan membuat grup baru dengan mereka setelah 5 tahun? Kalian benar-benar harus melihat X1 sebagai promosi terakhir mereka. Bukankah itu kejam? Mereka bahkan tidak bisa promosi dengan anak-anak dari agensi mereka, akan sepenuhnya penuh dengan tur ke luar negeri selama 5 tahun ke depan dan kemudian, kehidupan idol mereka akan berakhir. Pikirkan hal ini dengan serius. Apakah ini benar?"

"Apa kalian melihat Seungwoo pincang hari ini? Oneit, apa kalian rela idol kalian tidak diurus dan tidak dibayar? Tolong pikirkan."

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru