Terungkap, Sebelum Ditolak UGM Ustaz Abdul Somad Juga Batal Ceramah Di Kudus
Nasional
UGM Tolak Ustaz Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad (UAS) batal mengadakan kuliah umum di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Baru-baru ini terungkap jika sebelumnya acara Tabligh Akbar UAS di Pondok Pesantren Anak Berkebutuhan Khusus Al Achsaniyyah, Kudus juga dibatalkan.

WowKeren - Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dikabarkan membatalkan kuliah umum yang sedianya diberikan oleh Ustaz Abdul Somad (UAS). Di mana rencana kuliah umum tersebut akan digelar di Ruang Utama Masjid Kampus UGM pada Sabtu (12/10).

Keputusan tersebut diambil oleh pihak universitas dengan alasan untuk menjaga keselarasan kegiatan akademik dan nonakademik dengan jati diri UGM. "Hal tersebut (pembatalan kuliah umum Abdul Somad) dilakukan untuk menjaga keselarasan kegiatan akademik dan kegiatan nonakademik dengan jati diri UGM," ujar Iva, Rabu (9/10).

Baru-baru ini diketahui jika sebelum ditolak oleh UGM, Tabligh Akbar Ustaz Abdul Somad juga dibatalkan di Pondok Pesantren Anak Berkebutuhan Khusus Al Achsaniyyah Pedawang, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Selasa (8/10) kemarin. Meski dibatalkan, Ustaz Abdul Somad masih tetap datang dalam kapasitas silaturahim dengan para penghuni pesantren.

Ustaz asal Riau itu diberi kesempatan untuk meletakkan batu pertama pembangunan gedung untuk ruang pertemuan maupun keterampilan. Ia juga berbincang-bincang sejenak dengan santri Ponpes Al Achsaniyyah yang merupakan anak berkebutuhan khusus.


Meski Tabligh Akbar dibatalkan, Ustaz Abdul Somad masih diberikan kesempatan untuk menyampaikan kesan dan pesannya selama 7 menit. "Sebelum saya hadir, saya bilang kepada Kiai Muhammad Faiq Aftoni pengasuh Ponpes Al Achsaniyyah jika kehadiran saya menimbulkan kebaikan akan datang," katanya. "Sebaliknya, jika memberatkan, tidak akan datang."

Lebih lanjut, Abdul Somad berkata jika dirinya akan tetap[ berpikir positif. Karena menurutnya, caci maki maupun sumpah serapah tidak akan menyelesaikan masalah.

Ia juga menambahkan akan bersikap seperti air yang mengalir karena kehadirannya memang atas keinginan sendiri."Biarlah kehadiran saya juga untuk mempromosikan Ponpes Al Achsaniyyah," ujarnya.

Sebelumnya telah diberitakan jika UGM Yogyakarta membatalkan kuliah umum bersama Ustaz Abdul Somad yang direncanakan pada Sabtu (12/10) mendatang. Penolakan tersebut pun menuai beragam reaksi dari masyarakat.

Bahkan juru bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjutak menyayangkan keputusan tersebut dan menilai bahwa pimpinan UGM menunjukkan sikap anti-diversity atau tidak menghormati keberagaman. Ia bahkan menyampaikan rasa kecewanya lewat cuitan di Twitter.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts