SuperM Dapat Ulasan Beragam Dari Situs Berita Barat Terkait Kontroversi Penjualan Album
Musik

SuperM baru-baru ini mendapat kecaman atas kontroversi penjualan album mereka yang membanggakan tersebut. Situs-situs berita barat menyerukan berbagai ulasan mengenai penjualan tersebut.

WowKeren - SuperM resmi debut dengan lagu bertajuk "Jopping" pada 4 Oktober lalu. Boy grup global besutan SM Entertainment yang beranggotakan Taemin SHINee, Kai dan Baekhyun EXO, Taeyong dan Mark Lee NCT 127 serta Ten dan Lucas WayV ini juga digadang-gadang menjadi "Avengers of K-Pop".

Tak perlu ditanyakan lagi, pada Minggu (13/10) waktu setempat, Billboard mengumumkan bahwa mini album debut SuperM menempati posisi nomor satu di chart Bilboard 200 untuk pekan 19 Oktober. Dengan demikian, ini menjadi debut grup K-Pop yang meraih posisi tertinggi di chart tersebut.


Namun di balik prestasi membanggakan tersebut, SuperM justru tak mendapatkan respon positif. SuperM baru-baru ini mendapat kecaman atas kontroversi penjualan album mereka yang membanggakan tersebut. Situs-situs berita barat menyerukan taktik bundling kelompok yang mereka gunakan untuk mendapatkan posisi teratas.

Situs berita Amerika, The New York Times, mengulas SuperM dalam sebuah artikel dan menyebutkan bahwa SuperM dapat menjual 164.000 album dengan hanya 4,9 juta streaming. Menurut outlet media tersebut, taktik penjualan bundel tersebutlah yang membuat penjualan album SuperM melonjak naik.

SuperM Dapat Ulasan Beragam Dari Berbagai Situs Berita Barat Terkait Kontroversi Penjualan Album

Koreaboo

"Album boy band tersebut 'The 1st Mini Album - SuperM' datang dengan variasi kemasan dan bundel. Menghasilkan minggu penjualan debut yang kuat, tetapi jumlah streaming yang sederhana." bunyi ulasan The New York Times.

Sementara itu, media The RollingStone membandingkan jumlah streaming SuperM dan pesaing utamanya, Summer Walker. Menurut The RollingStone, Summer Walker yang mendorong penggemarnya untuk terus men-streaming lagunya "Over It" mendapatkan hasil yang kurang maksimal jika dibandingkan strategi SuperM.

"Tetapi pada akhirnya, strategi pemasaran yang ditempuh oleh SuperM yang menekankan bundel dan salinan fisik, mampu menyapu jumlah streaming Summer Walker," bunyi ulasam The RollingStone.

BuzzfeedNews juga ikut serta mengomentari masalah ini. Ulasan BuzzFeedNews mengatakan bahwa penjualan album SuperM "hampir tidak pernah terdengar" di saat streaming digital tetap menjadi raja.

SuperM sendiri menyiapkan lebih dari 60 bundel merchandise dan album yang tersedia bagi penggemar untuk dibeli di situs web resmi mereka. Bundel tersebut termasuk berbagai poster dan kartu koleksi. Mereka juga memiliki penebusan penjualan tiket atau album untuk tur arena mereka dan delapan variasi album itu sendiri. Bagaimana menurut kalian?

You can share this post!

Related Posts
Loading...