Septic Tank Meledak di Jatinegara, 1 Orang Petugas Sedot WC Tewas
Nasional

Polisi menyebutkan bahwa ledakan tersebut dipicu oleh adanya gas yang telah mengendap selama puluhan tahun di dalam septic tank sehingga langsung meledak ketika terkena api.

WowKeren - Sebuah septic tank yang ada di rumah warga di Cakung, Jakarta Timur, meledak pada Senin (4/11) sore. Insiden tersebut menewaskan satu orang yang merupakan petugas sedot WC.

Peristiwa nahas itu berawal ketika mobil penyedot tinja berisi tiga kru tengah bertugas di salah satu rumah warga bernama Agus Sholeh. Sopir truk tinja kemudian mengambil koran dan membakarnya lalu dimasukkan ke dalam septic tank.

"Untuk meyakinkan pemilik rumah bahwa proses telah rampung maka sopir truk tinja mengambil koran dan membakarnya," kata Kapolres Cakung, Kompol Pandji Santoso menjelaskan kronologi kejadian, melalui keterangan tertulis, Selasa (5/11). "Koran terbakar itu pun dimasukkan ke septic tank."

Usai yakin bahwa proses penyedotan sudah selesai, sang pemilik rumah pun pamit untuk mengambil uang. Namun diluar dugaan, tiba-tiba terdengar suara ledakan dari septic tank. "Namun jarak beberapa saat setelah meyakinkan yang mempunyai rumah, tiba-tiba septic tank tersebut meledak dengan mengeluarkan suara yang cukup besar," sambung Pandji.


Pengurus RW setempat menuturkan bahwa sopir mobil penyedot tinja jatuh ke dalam septic tank. Korban meninggal dengan menderita luka bakar di seluruh wajah.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Cakung AKP Tomi Sirait mengatakan bahwa ledakan tersebut dipicu oleh gas yang mengendap dalam septic tank sehingga ketika terkena api akan langsung meledak. "(Penyebab ledakan akibat) gas yang terendap puluhan tahun dalam septic tank kena api," kata Tomi, Selasa (5/11).

Sedangkan pemilik rumah dan petugas sedot WC lainnya yang juga berada di dalam rumah ketika ledakan terjadi berhasil selamat. "Keduanya baik-baik semua," imbuh Tomi.

Tomi menuturkan bahwa hal-hal semacam itu termasuk kecelakaan kerja. Dalam kasus ini, pelaku adalah korban yang juga telah tewas dalam insiden tersebut. "Kecelakaan kerja itu sebenarnya, pelakunya dia, korbannya dia (juga)," ujar Tomi.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait