IZ*ONE Dibela Habis-Habisan Usai Penampilannya di Sejumlah Acara TV Dibatalkan
TV
Manipulasi Voting Seri Produce

IZ*ONE mendapat banyak kritikan sampai dituntut bubar setelah PD Ahn Joon Young mengaku telah memanipulasi voting 'Produce 48'. Bahkan penampilan IZ*ONE di sejumlah acara TV dibatalkan. Meski demikian, masih ada banyak netizen yang memberi pembelaan.

WowKeren - Kontroversi manipulasi voting seri "Produce" saat ini sedang panas-panasnya. Seperti yang diketahui, media lokal memberitakan jika Ahn Joon Young sudah mengaku telah memanipulasi hasil voting "Produce 48" dan "Produce X 101".

Berdasarkan laporan SBS, selama penyelidikan polisi Ahn Joon Young mengaku telah menerima beragam gratifikasi dari berbagai agensi sejak pertengahan tahun 2018. Terhitung sudah 40 kali Ahn Joon Young menerima hiburan di sebuah perusahaan hiburan dewasa dan dibayar oleh agensi yang bersangkutan. Untuk hiburan ini jumlah uang yang dihabiskan mencapai lebih dari 100 juta won (sekitar Rp 1,2 miliar).

Kontroversi ini tentu saja memberikan dampak negatif pada IZ*ONE dan X1, grup jebolan dua seri terakhir dari "Produce". Ada banyak orang yang orang yang menuntut agar IZ*ONE dan X1 dibubarkan, karena beberapa anggotanya seharusnya tidak debut.

Tidak hanya itu, IZ*ONE bahkan sampai membatalkan showcase comebacknya yang sebenarnya dijadwalkan digelar pada 11 November mendatang. Karena akan comeback, IZ*ONE juga telah dijadwalkan untuk tampil di sejumlah acara televisi.

Namun, sebagian besar variety show yang menghadirkan IZ*ONE sebagai tamu telah mengkonfirmasi tak akan menayangkan atau menghapus bagian mereka. Seperti "Idol Room", "My Little Television 2" hingga "Amazing Saturday".

Meski menuai banyak sekali kritikan hingga dituntut untuk bubar, masih ada juga netizen Korea yang memberikan pembelaan pada IZ*ONE. Pasalnya mereka mengklaim jika kontroversi ini adalah kesalahan PD dan beberapa orang yang terlibat, bukan para member.


"Apa yang terjadi di sini? Siapa di dunia ini yang membayar dan minum dengan PD? Apakah para member melakukan itu? Aku sudah sering melihat keadilan akhir-akhir ini, tapi apakah ini adil? Orang dewasa yang melakukan semua pekerjaan itu tapi tapi kenapa orang muda yang disalahkan?"

"Pertama, rasanya benar untuk membubarkan IZ*ONE dan X1 jika anggota mengetahui, melakukan bahkan terlibat (dalam manipulasi). Tapi masih belum jelas apakah anggota tersebut bersalah atau tidak. Oleh karena itu, tindakan membela tanpa syarat adalah salah dan di sisi lain menyumpahi mereka tanpa syarat juga salah."

"CJ dan Mnet adalah orang-orang yang berbuat salah dan komentar buruk tentang IZ*ONE hampir terbalik. Mereka pikir mereka telah lulus ujian, tapi ternyata itu dibuat-buat, mereka akan sedih karena berpikir jika mereka telah menyakiti trainee yang lain. Kenapa anak-anak yang harus disalahkan atas kesalahan mereka dan mendapatkan semua komentar buruk?"

"Ahn Joon Young yang membuat kesalahan, bukan IZ*ONE. Kenapa Ahn Joon Young terus menyebutkan IZ*ONE? Apakah mereka melakukan sesuatu yang salah? Apa kalian seorang reporter?"

"Aku tidak bisa memahaminya, tidak peduli bagaimana penampilanku. Kenapa menyalahkan anak-anak dan bukan orang dewasa. Tidak ada bukti bahwa mereka tahu lagu-lagu itu sebelumnya. Dan bahkan jika mereka tahu, mereka (agensi) akan memberitahu secara sepihak, tapi sulit untuk melaporkan atau menolaknya (kecurangan itu)."

(wk/eval)

You can share this post!

Related Posts