Gaon Klarifikasi Soal Kemenangan Kang Daniel Di 'The Show' Yang Dianggap Curang, Fans Kasihan
Twitter/sbsmtvtheshow
Musik

Pada episode 'The Show' yang disiarkan pada 3 Desember lalu, lagu milik Kang Daniel bertajuk 'Touchin' berhasil mengambil tempat pertama dengan skor total 6.195 poin.

WowKeren - Pada episode "The Show" yang disiarkan pada 3 Desember lalu, lagu milik Kang Daniel bertajuk "Touchin" berhasil mengambil tempat pertama dengan skor total 6.195. Kang Daniel berhasil mengalahkan ASTRO "Blue Flame" dan AOA "Come See Me" yang masing-masing menerima skor 5.950 dan 3.830.

Namun hal ini menimbulkan kecurigaan di kalangan fans. Kecurigaan itu muncul ketika bagaimana Kang Daniel bisa dapat menerima skor 4000 poin di bagian penjualan digital dan penjualan album fisik meskipun "Touchin" adalah single digital, sehingga seharusnya memiliki skor penjualan album fisik nol.


"Kami telah melihat kontroversi itu. Skor pada 'The Show' terdiri dari 10 persen penjualan album fisik dan 40 persen penjualan digital. Karena lagu baru Kang Daniel 'Touchin' adalah single digital, maka benar bahwa skor penjualan album fisik adalah nol. Namun, menurut perhitungan penjualan digital kami sendiri, Kang Daniel menerima skor yang jauh lebih tinggi daripada AOA atau ASTRO dan diberi 4000 poin. Dengan demikian, benar bahwa Kang Daniel adalah No. 1. Tidak ada masalah dengan hasilnya," ungkap narasumber dari "The Show" kepada Sports Chosun.

Hal ini pun akhirnya diklarifikasi oleh media Korea, Dispatch. Melalui laporan oleh Dispatch, Gaon Chart telah mengklarifikasi data yang menyebabkan kemenangan Kang Daniel di "The Show" pada 3 Desember. Dispatch menyatakan bahwa beberapa penggemar mengutip peringkat dari grafik realtime Melon untuk mempertanyakan kemenangan Kang Daniel.

Fans bertanya bagaimana Kang Daniel bisa masuk pertama kali dengan "Touchin" ketika lagu itu telah jatuh dari tangga lagu. Sementara AOA "Come See Me" mempertahankan peringkat antara posisi ke-50 hingga 70.

Menanggapi hal ini, Dispatch menulis bahwa penyelidikan mereka terhadap masalah ini tidak menunjukkan masalah dengan penghitungan skor untuk "The Show". Menurut data yang dikumpulkan oleh Gaon Chart, skor Kang Daniel ternyata empat kali lebih tinggi daripada AOA.

Dispatch membagikan data dari Gaon yang menunjukkan bahwa "Touchin" memiliki poin digital pada Gaon sebanyak 48.728.828 sementara AOA "Come See Me" memiliki 10.877.791 dan "Blue Flame" ASTRO memiliki 6.941.875. Data itu dikumpulkan dari 23 November hingga 29 November. Selain itu, Gaon juga menyediakan kategori "YouTube" yang diambil dari data YouTube. Mereka berbagi bahwa skor YouTube untuk "Touchin" adalah 2.024.601, "Come See Me" memiliki skor 2.718.739 sedangkan "Blue Flame" memiliki 3.773.435.

Dispatch Klarifikasi Soal Kemenangan Kang Daniel Di \'The Show\' Yang Dianggap Curang, Fans Kasihan

Theqoo

Sebuah sumber dari "The Show" mengonfirmasi bahwa mereka menggunakan skor digital dari Gaon. "’The Show' tidak dapat menyentuh data itu. Tampaknya ada kesalahpahaman setelah beberapa penggemar membuat perbandingan dengan grafik Melon," ungkap perwakilan "The Show".

"Kami tidak mengumpulkan peringkat grafik dari perusahaan musik tertentu seperti Melon. Kami menerima total data pada unduhan dan streaming dari 12 perusahaan platform musik. Indeks Gaon dihitung dari data itu. Streaming dan unduhan diberi bobot yang berbeda," ungkap pihak Gaon pada Dispatch.

Hal ini tentu menjadi perhatian penggemar Kang Daniel. Melalui forum komunitas Theqoo banyak fans yang merasa kasihan dengan semua tuduhan yang ditudingka ke Kang Daniel. Belum lagi beberapa waktu lalu pihak agensi menyebutkan bahwa Kang Daniel sedang mengalami depresi.

"Bahkan jika terbukti bahwa dia memenangkan posisi pertama, dia sudah diserang selama dua hari terakhir oleh haters. Meskipun ia telah terbukti layak untuk menang, tetapi siapa yang bertanggung jawab atas kerusakan psikologis Kang Daniel dan fandom-nya?" ungkap fans.

"Terima kasih telah memastikan bahwa tidak ada masalah dengan kemenangan Kang Daniel. Dia tidak pernah mengatakan bahwa dia lelah, tetapi dia mengalami kesulitan karena komentar kebencian. Ada banyak hal yang harus disyukuri, jadi jangan minta maaf kepada para penggemar. Harap kembali setelah merawat dirimu sendiri Daniel. Aku ingin orang menghentikan orang jahat dan antis yang berkeliaran di setiap artikel selebriti," sahut fans lain.

You can share this post!

Related Posts