Aman Digunakan dan Murah Meriah, Ini 7 Manfaat Singkong untuk Kecantikan yang Wajib Kamu Ketahui
Lifestyle

Dikenal sebagai umbi yang enak dengan harga terjangkau, singkong ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kecantikan. Mau tahu apa saja manfaatnya? Simak artikelnya berikut ini.

WowKeren - Singkong merupakan tanaman endemik yang banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara. Tanaman satu ini termasuk dalam jenis umbi-umbian, yang menyimpan cadangan makanannya di akar. Cadangan makanan itulah yang dinamakan daging buah singkong.

Oleh masyarakat Indonesia, singkong biasanya diolah menjadi berbagai macam makanan. Mulai dari lauk pendamping nasi, hingga jajanan manis dan legit. Selain itu, daunnya juga kerap dimanfaatkan untuk sayuran maupun lauk yang diolah dengan lezat.

Selain sebagai bahan pangan, singkong ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan. Hal ini disebabkan karena singkong memiliki berbagai kandungan nutrisi penting, seperti kalsium, vitamin C, protein, karoten dan lisin. Nah mau tahu apa saja manfaat singkong untuk kecantikan? Simak informasinya berikut ini.

(wk/eval)

1. Ingin Melembutkan dan Mencerahkan Kulit Secara Alami? Manfaatkan Saja Kulit Singkong


Ingin Melembutkan dan Mencerahkan Kulit Secara Alami? Manfaatkan Saja Kulit Singkong

Apa kamu sangat ingin melembutkan atau mencerahkan kulit secara alami? Kamu bisa memanfaatkan kulit singkong untuk melakukannya. Selain dapat melembutkan kulit secara optimal, singkong juga memiliki saripati yang mampu membantu mendinginkan dan mencerahkan kulit wajah.

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Pertama haluskan kulit singkong dan buat seperti scrub. Setelah itu aplikasikan pada wajah dan leher dan tunggu selama beberapa menit. Setelah setengah kering, gosok secara perlahan dan bilas hingga bersih.

2. Miliki Kulit Kering? Hidrasi Saja dengan Singkong Biar Kulitmu Lembab dan Segar


Miliki Kulit Kering? Hidrasi Saja dengan Singkong Biar Kulitmu Lembab dan Segar

Selain mampu melembutkan dan mencerahkan kulit, singkong juga bisa membuat kulit tetap lembab dan tidak kekurangan air. Dengan demikian, singkong juga memiliki fungsi hidrasi yang sangat penting untuk kulit kering.

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Cukup haluskan daging singkong untuk dibuat masker. Kamu bisa menambahkan madu atau minyak zaitun. Setelah itu aplikasikan pada wajah dan diamkan selama beberapa saat. Bila selesai bilas dengan air hingga bersih.

3. Samarkan Noda Bekas Jerawat dengan Menggunakan Singkong


Samarkan Noda Bekas Jerawat dengan Menggunakan Singkong

Setelah jerawat pergi biasanya akan tersisa noda bekasnya yang cukup mengganggu. Apalagi noda ini biasanya cukup lama baru bisa hilang. Apa kamu memiliki masalah ini? Jika iya, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan singkong.

Hal ini dikarenakan singkong memiliki kandungan mineral dan efek framologis yang dapat dijadikan sebagai antioksidan, mempercepat proses penyembuhan luka atau noda bekas jerawat. Mudah saja melakukannya, cukup aplikasikan singkong yang sudah diparut pada wajah. Lakukan secara rutin, jika ingin meraih hasil yang optimal, lakukan maksimal 2 kali sehari.

4. Ingin Menutrisi dan Menumbuhkan Rambut dengan Cepat? Kamu Bisa Memanfaatkan Singkong Loh


Ingin Menutrisi dan Menumbuhkan Rambut dengan Cepat? Kamu Bisa Memanfaatkan Singkong Loh

Singkong juga sangat bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan rambut. Hal ini disebabkan karena singkong dipercaya dapat mengatasi kerontokan rambut. Singkong mampu menutrisi rambut sampai ke akarnya, sehingga membantu pertumbuhan rambut.

Selain itu, singkong juga dapat membersihkan kulit kepala dari ketombe loh. Menariknya, singkong juga ampuh untuk menutrisi rambut dan memperbaiki kerusakan rambut. Cara memanfaatkannya pun sangat mudah. Haluskan daging singkong atau daunnya. Lalu aplikasikan pada rambut dan lakukan perawatan ini secara rutin.

5. Angkat Sel Kulit Mati dan Hilangkan Wajah Kusam dengan Menggunakan Singkong!


Angkat Sel Kulit Mati dan Hilangkan Wajah Kusam dengan Menggunakan Singkong!

Di antara penyebab kulit wajah terlihat kusam adalah penumpukan sel kulit mati. Wajah kusam sendiri sering kali membuat kita merasa kurang percaya diri. Kamu pasti tak ingin hal itu terus terjadi bukan? Karena itu, coba atasi dengan menggunakan singkong.

Pertama cuci bersih daging singkong lalu tumbuk hingga teksturnya terasa sedikit kasar. Setelah itu aplikasikan pada wajah, tunggu selama beberapa menit kemudian basuh menggunakan air dingin. Lakukan perawatan ini sebanyak tiga kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah yang cerah dan halus.

6. Ingin Mencegah Penuaan Dini? Manfaatkan Saja Singkong Untuk Perawatan Wajah


Ingin Mencegah Penuaan Dini? Manfaatkan Saja Singkong Untuk Perawatan Wajah

Selain membantu membersihkan kotoran di wajah dan mengangkat sel-sel kulit mati, singkong juga bisa mencegah penuaan dini loh. Hal ini disebabkan karena singkong memiliki berbagai kandungan yang bisa digunakan untuk mengatasi garis halus, menyamarkan noda gelap serta kerutan pada wajah.

Gunakan singkong secara teratur sebagai masker wajah. Seperti sebelumnya, haluskan daging singkong lalu aplikasikan pada wajah. Dengan demikian, wajah akan terasa lebih halus, kenyal dan awet muda.

7. Gunakan Kulit Singkong sebagai Eksfoliator Kulit Alami


Gunakan Kulit Singkong sebagai Eksfoliator Kulit Alami

Nah manfaat berikutnya dari singkong adalah fungsinya sebagai eksfoliator kulit alami. Seperti poin pertama, bagian singkong yang bisa digunakan sebagai exfoliator kulit alami adalah kulitnya.

Kulit singkong bisa dimanfaatkan sebagai scrub setelah dicuci bersih dan dihancurkan. Lakukan scrub dengan kulit singkong sebanyak tiga kali dalam seminggu. Kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya bisa membuat wajah terlihat lebih cantik dan sehat.

Demikian tujuh manfaat singkong untuk kecantikan yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui manfaat baby oil untuk kecantikan. Selain itu kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui sejumlah manfaat minyak zaitun untuk kecantikan.

You can share this post!

Related Posts