Viral Tumpukan Kerang Hijau di Pesisir Karawang Hebohkan Warga, Ternyata Ini Penyebabnya
SerbaSerbi

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang Wawan Setiawan memastikan bahwa kemunculan koloni kerang hijau secara misterius tersebut tidak berkaitan dengan insiden minyak tumpah.

WowKeren - Tumpukan kerang hijau tiba-tiba muncul di pesisir Karawang. Sontak saja hal ini membuat warga di sekitar muara Sungaibuntu, Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang heboh.

Tak pelak, tumpukan kerang hijau tersebut segera menjadi daya tarik bagi warga. Tak hanya itu, nelayan pun juga memanfaatkan kerang-kerang tersebut sehingga kemunculannya boleh dikatakan membawa berkah.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang Wawan Setiawan ikut angkat bicara. Wawan mengatakan bahwa koloni kerang hijau tersebut muncul di pesisir pantai tak lepas dari adanya perubahan cuaca.

"Perubahan cuaca dari (bertiup angin muson) timur ke (angin muson) barat di pesisir Karawang," kata Wawan melalui keterangan tertulis, Sabtu (7/12). "Di pesisir Karawang sekarang mulai surut air laut dari jam 14.00 WIB."


Adanya perubahan cuaca tersebut menyebabkan terjadinya pasang surut di perairan Karawang. "Dan ketika pasang surut, kerang hijau terlihat, apalagi di tiap-tiap muara," lanjut Wawan.

Meski demikian, Wawan belum bisa menjelaskan secara detail bagaimana perubahan cuaca bisa menyebabkan koloni kerang hijau terbawa ke pesisir. Namun yang jelas, kemunculan kerang hijau yang misterius itu tidak berkaitan dengan insiden minyak tumpah milik Pertamina beberapa waktu lalu. Sebab, fenomena kerang hijau muncul di pesisir pantai terjadi setiap tahun.

"Kerang hijau ini tidak ada hubungannya dengan apa yang terjadi di pesisir (oil spill) yang kemarin," jelas Wawan. "Karena setiap tahun ada."

Seperti diketahui, publik sempat dihebohkan dengan menghitamnya air laut di pesisir Karawang sekitar pertengahan 2019 lalu. Adapun hal itu disebabkan oleh kebocoran minyak dan gas milik Pertamina di Pantai Utara Karawang.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait