Asosiasi Penyanyi Korea Dikritik Manfaatkan BTS Agar Idol K-Pop Dibebaskan Wamil
Twitter/bts_bighit
Selebriti

Netizen mengomentari langkah Asosiasi Penyanyi Korea mengadakan sidang publik mengenai masalah pembebasan layanan militer untuk artis K-Pop secara negatif.

WowKeren - Asosiasi Penyanyi Korea akan mengadakan sidang publik mengenai masalah pembebasan layanan militer untuk artis K-Pop. Sidang publik akan dilangsungkan pada 18 Desember mendatang di Balai Majelis Nasional Seoul.

Gelombang Korea adalah seni budaya yang telah mulai memasuki pasar global sejak 2000-an. Keberhasilan penyanyi K-Pop seperti PSY, BTS (Bangtan Boys) dan SuperM telah menjadikan Hallyu ikon budaya terbaik di dunia. Namun kewajiban militer untuk penyanyi K-Pop dianggap akan menjadi penghalang utama bagi masa depan hiburan Korea terutama BTS yang kini berstatus mega bintang dunia.

Ketua Asosiasi Penyanyi Korea Lee Ja Yeon menyatakan, "Kami siap menggelar audiensi publik untuk membahas penyanyi K-Pop sehubungan dengan sistem pembebasan layanan militer. Ini bukan permintaan sepihak untuk pembebasan. Tujuan pertama dari audiensi ini adalah untuk mendapatkan konsensus sosial dengan mengumpulkan pendapat dari semua lapisan masyarakat."

Alih-alih dukungan, langkah Asosiasi Penyanyi Korea ini justru menuai kritik dari netizen. Banyak yang menuding mereka hanya menggunakan nama BTS untuk keuntungan artis-artis K-Pop lain sehubungan dengan masalah wajib militer.

"Mereka bisa mendapatkan penghargaan dari kementerian, tidak perlu sampai dibebaskan dari wajib militer. Aku tahu tiga agensi besar memanfaatkan BTS untuk keuntungan mereka sendiri."


"Bisakah kalian tidak usah mengganggu BTS? Para member BTS dan Big Hit akan membereskannya. Kenapa pihak ketiga membuat keributan seperti ini?"

"Kenapa menggunakan foto BTS? Apakah BTS adalah satu-satunya idola di Korea? Tolong biarkan mereka, jangan sentuh mereka."

"Sekarang asosiasi penyanyi menggunakan BTS sebagai perisai untuk keuntungan penyanyi lain."

"Jangan sentuh BTS. Aku benci mereka merencanakan sesuatu dan menggunakan nama BTS untuk itu."

"Ini gila. Mereka ingin menetapkan preseden dengan perisai BTS dan mengubahnya menjadi kesempatan bagi penyanyi K-Pop lainnya."

"Aku minta maaf tapi agensi-agensi lain membahas pembebasan layanan militer kecuali Big Hit. Tapi kenapa kalian terus menggunakan nama BTS? Para member BTS sendiri tidak pernah ribut tentang masalah wajib militer mereka."

(wk/chus)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait