Mobil Terendam Banjir, Simak Biaya Yang Harus Disiapkan Untuk Service
Tekno

Banjir yang melanda sejumlah daerah telah menyebabkan banyak mobil terendam air hingga mengalami kerusakan parah. Simak perhitungan biaya yang harus disiapkan untuk melakukan service.

WowKeren - Banjir telah menerjang sejumlah wilayah yang ada di Indonesia. Akibatnya, banyak masyarakat di Indonesia mengalami kerugiaan yang begitu besar karena terkena bencana banjir ini.

Salah satu kerugian yang menimpa masyarakat kala bencana banjir menerjang adalah banyak mobil yang mengalami kerusakan. Genangan air yang tinggi tentunya membuat mobil-mobil di wilayah banjir berpotensi mengalami kerusakan pada mesinnya.

Sejumlah masyarakat yang memiliki klaim asuransi memang dapat memperbaiki mobilnya dengan mudah tanpa merogoh kocek yang tinggi. Lantas bagaimana dengan masyarakat yang tidak mengansuransikan mobilnya?

Biaya perawatan mobil-mobil yang terendam banjir diperkirakan dapat mencapai Rp4 juta di luar penggantian suku cadang. Besar kecilnya biaya yang diperlukan sangat bergantung pada ketinggian rendaman air pada mobil.

Kepala Bengkel dealer resmi Daihatsu Pangeran Jayakarta di Jakarta, Dolf Valentino menjelaskan tentang biaya perbaikan mobil yang mungkin harus dikeluarkan karena terendam banjir. Kerusakan karena mobil terendam air ini dibagi menjadi beberapa level.

Level satu yaitu mobil yang terendam banjir di bagian roda air dan tidak sampai masuk ke dalam kabin. Pada level ini, biaya yang diperlukan untuk memperbaiki mobil berkisar antara Rp1,9 juta hingga Rp2,5 juta.


Dolf menjelaskan jika pada level satu ini, mekanik akan melakukan pemeriksaan sistem pengereman secara keseluruhan. Sistem pengereman tersebut akan dipastikan agar dapat berfungsi normal seperti sebelumnya.

"Bongkar-bongkar untuk level satu banjir harga bisa segitu," jelas Dolf saat dihubungi, seperti dilansir dari CNNIndonesia pada Jumat (3/1). "Jadi ya sebatas roda."

Sementara itu pada level dua merupakan perbaikan jika genangan air sudah merendam sebagian bawah jok hingga menggenangi lantai kabin. Nantinya, perbaikan yang dilakukan adalah membongkar AC hingga freon mobil dengan estimasi biaya sekita Rp3,5 juta ke atas.

"Ini estimasi jasa periksa bongkar itu sekitar Rp3,5 juta ke atas," kata Dolf. "Kami bongkar semua termasuk AC. AC kan mesti bongkar, ganti freon juga."

Kemudian pada level tiga merupakan perbaikan mobil yang paling parah jika air telah menyentuh atap mobil. Biaya yang diperlukan jika mobil mengalami kerusakan level 3 adalah Rp4 juta.

Pada level tiga, pemeriksaan akan dilakukan secara menyeluruh mulai eksterior, interior, hingga ke mesin. Pengecekan ini juga tetap akan dilakukan pada mobil dengan kerusakan level satu dan dua.

"Dari ECU kami cek, terus aki, terus motor power window, alarm, komponen transmisi, sampe ke airbag juga," terang Dolf. "Ibaratnya dari ujung depan sampai ke belakang kami cek semua, termasuk ngebersihin lumpur-lumpur yang ada di dalam kabin. Sistem kelistrikan juga kita harus pastikan semua dalam kondisi normal, diperbaiki semua."

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait