Perusahaan Produksi 'When the Camellia Blooms' Rebutan Hak Cipta Lawan KBS
Naver
TV

Sumber dalam membeberkan jika perusahaan produksi sudah membayar sepenuhnya biaya produksi 'When the Camellia Blooms' termasuk bayaran para staf dan pemain.

WowKeren - "When the Camellia Blooms" sukses menjadi salah satu drama tersukses tahun 2019. Drama yang dibintangi Gong Hyo Jin dan Kang Ha Neul cs itu begitu dicintai publik dan meraih rating tertinggi mencapai 23,8 persen.

Namun di balik kesuksesaannya, "When the Camellia Blooms" rupanya tengah menjalani perselisihan hukum. Pada Selasa (7/1), media setempat ramai melaporkan bahwa perusahaan produksi terlibat perselisihan hukum melawan KBS terkait hak cipta.

Seorang sumber dari perusahaan produksi yakni Pan Entertainment membeberkan jika pihak mereka sudah membayar sepenuhnya biaya produksi "When the Camellia Blooms" termasuk bayaran staf dan pemain. Namun mereka sama sekali belum mendapat keuntungan dari kesuksesan drama itu.

"Kami meminta hak kami atas kepemilikan hak cipta dari drama KBS. Kedang dalam proses membahas penyelesaian atas kepemilikan hak cipta drama dan karenanya kami meminta pengertian Anda bahwa kami tidak dapat mengungkapkan apa pun terkait detail spesifik," ujar sumber Pan Entertainment.


"Perusahaan menginvestasikan total 11,1 miliar won (sekitar Rp 131 miliar) dalam produksi seluruh 20 episode drama dan memberikan bayaran penuh pada tenaga kerja mulai dari staf hingga pemain," sambung sumber tersebut.

"Namun, karena fakta bahwa kami belum menyelesaikan penyelesaian dengan KBS terkait kepemilikan hak cipta, kami belum menerima keuntungan produksi apa pun," imbuh sumber tersebut.

Menurut peraturan penyiaran Korea Selatan, keuntungan yang diperoleh melalui produksi drama harus dibagi berdasarkan pembagian kepemilikan hak cipta produksi antara perusahaan produksi dan platform penyiaran.

Sebelumnya, laporan mengklaim bahwa KBS berusaha untuk mengklaim hak cipta penuh untuk 'When the Camellia Blooms' dan Pan Entertainment memilih untuk membantah klaim tersebut.

(wk/amal)

You can share this post!

Related Posts