Menag Fachrul Razi Ungkap Kisah Uni Emirat Arab Rayakan Imlek
Nasional

Menteri Agama Fachrul Razi mendapati hal tersebut kala mendampingi kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke Uni Emirat Arab (UEA) beberapa waktu lalu.

WowKeren - Perayaan tahun baru Tionghoa alias Imlek akan jatuh pada Sabtu (25/1) pekan depan. Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi lantas mengungkapkan pengalamannya kala melihat Uni Emirat Arab (UEA) bersiap menjelang perayaan Imlek.

Kala itu, Fachrul mendampingi kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke UEA beberapa waktu lalu. Dalam lawatan tersebut, Fachrul melihat ada persiapan jelang Imlek di sejumlah sudut UEA.

Tak hanya itu, sang Menteri juga mengaku terkejut kala menemukan bahasa dan lagu Tionghoa diputar di berbagai penjuru UEA. Fachrul pun lantas menyindir kelompok konservatif di Indonesia yang kerap membeda-bedakan budaya Tionghoa dan Arab.

"Burj Khalifa itu (menayangkan) tulisan China," tutur Fachrul di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, dilansir CNN Indonesia pada Jumat (17/1). "Jadi orang yang pemikirannya mereng-mereng agak bingung juga, 'Loh kok di negara Arab, Islam lagu kok tulisan China? Lagunya, lagu China?'."


Meski demikian, Fachrul mengaku tidak bermaksud untuk menerapkan hal serupa di Indonesia. Namun, Fachrul menjadikan hal tersebut sebagai pengalaman berharga tentang praktik moderasi beragama.

Lebih lanjut, Fachrul juga mengaku sempat menanyai salah satu pejabat UEA tentang nuansa Tionghoa jelang Imlek yang dilihatnya. Menurut pejabat tersebut, UEA memang sengaja menghadirkan nuansa Tionghoa untuk menghormati perayaan Imlek.

Tak hanya itu, Fachrul juga mengaku sempat "diceramahi" tentang menghargai antar-umat beragama. Pejabat UEA itu menyebut toleransi adalah kunci dalam investasi.

"Mereka memesan pada kami, kepada saya, ambil foto, 'Anda jangan lupa, Anda punya objek wisata, enggak akan ada orang mau datang kalau Anda tidak rukun dan damai. Jangan lupa wisatawan itu sebagian sangat besar itu non-muslim'," ujar Fachrul menirukan pejabat UEA tersebut.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait