Ciptakan Puluhan lagu, RM Dan J-Hope BTS Resmi Jadi Anggota Tetap Asosiasi Hak Cipta Musik Korea
Musik

Setiap pemegang hak cipta dapat bergabung dengan KOMCA sebagai 'anggota junior'. Namun dewan direksi KOMCA memilih hanya 25 anggota junior setiap tahun untuk mempromosikan ke status 'anggota tetap'.

WowKeren - Selain berbakat dalam menyanyi dan menari, para anggota Bangtan Boys (BTS) juga diketahui telah merilis banyak lagu. Tak hanya untuk grupnya sendiri, mereka juga tak jarang menulis lagu untuk penyanyi lain, tak heran jika kemampuannya diakui oleh asosiasi hak cipta musik Korea.

Asosiasi Hak Cipta Musik Korea (KOMCA) akhirnya mengumumkan para penulis lagu yang telah dipromosikan menjadi anggota tetap tahun ini. Salah satunya adalah 2 member BTS yakni J-Hope dan dang leader, Rap Monster (RM).


KOMCA adalah kolektif hak cipta nirlaba dengan tujuan meningkatkan budaya musik di Korea melalui melindungi hak kekayaan intelektual dari pemegang hak cipta sambil memastikan kemudahan penggunaan untuk pendengar. Didirikan pada tahun 1964, organisasi ini memiliki database karya berhak cipta dan pemegang kekayaan intelektual mereka.

Setiap pemegang hak cipta dapat bergabung dengan KOMCA sebagai "anggota junior". Namun dewan direksi KOMCA memilih hanya 25 anggota junior setiap tahun untuk mempromosikan ke status "anggota tetap".

Persyaratan untuk promosi menjadi status anggota tetap termasuk mempertahankan keanggotaan KOMCA junior selama tiga tahun atau lebih, menerima sejumlah royalti dari properti berhak cipta mereka setiap tahun, dan juga dipilih oleh dewan direksi. Menjadi anggota tetap KOMCA memberikan seorang seniman hak untuk memberikan suara pada pertemuan umum organisasi.

Anggota yang dipromosikan menjadi anggota penuh pada tahun 2020 antara lain RM dan J-Hope BTS. Selain ada juga Jung Key, SanE, Paul Kim, Jay Park, Sam Lewis, Supreme Boi, MC Sniper, GRVVITY, Angela Kim, Seo Ji Eum, dan banyak lagi.

Tahun lalu, anggota junior yang dipromosikan masuk kedalam anggota tetap antara lain Zico, B.I, Woozi Seventeen (II), dan banyak lagi. Tahun depan diharap ada 25 musisi lagi yang akan diangkat menjadi anggota tetap dari KOMCA.

Sementara itu, BTS juga telah dikonfirmasi akan comeback dengan merilis album baru bertajuk "Map Of The Soul: 7" pada 21 Februari mendatang. Selain itu, mereka juga akan menyapa penggemarnya melalui tur konser dunia bertajuk "Map Of The Soul Tour".

Seperti biasa, seri tur akan dimulai di tempat kelahiran grup, Seoul. Konser di Seoul itu akan mulai digelar pada 11-12 April dan 18-19 April di Olympic Stadion. Usai membuka konser di Seoul, BTS melanjutkan tur tersebut di beberapa negara seperti Santa Clara pada 25-26 April, Los Angeles pada 2-3 Mei, Dallas pada 9-10 Mei. BTS juga akan menggelar konser di beberapa negara di Asia seperti Jepang.

You can share this post!

Related Posts