Kenyal-kenyal Gurih, Intip 8 Jenis Kuliner Olahan Aci Yang Pasti Bikin Kalian Ketagihan!
Kuliner

Kebanyakan, makanan yang terbuat dari aci ini memiliki tekstur yang kenyal-kenyal dan gurih. Selain itu, harga tepung aci yang murah, membuat harga jajanannya juga mudah dijangkau oleh masyarakat.

WowKeren - Mungkin saat ini sudah banyak orang yang tak asing dengan kata aci. Betul, aci sering digunakan sebagai bahan dasar berbagai jajanan nikmat. Aci sendiri adalah nama lain dari tepung tapioka atau tepung kanji. Di daerah Jawa Barat, tepung tersebut lebih familiar dengan sebutan aci.

Aci berasal dari umbi akar ketela pohon, yaitu singkong. Dari sebuah singkong, kemudian diekstrak hingga diperoleh patinya. Kegunaan aci banyak dimanfaatkan dalam pembuatan makanan-makanan tradisional.

Kebanyakan, makanan yang terbuat dari aci ini memiliki tekstur yang kenyal-kenyal dan gurih. Selain itu, harga tepung aci yang murah, membuat harga jajanannya juga mudah dijangkau oleh masyarakat. Tak heran jika banyak sekali kuliner hasil olahan aci yang nikmat dan bikin ketagihan. Penasaran apa saja? berikut tim WowKeren rangkum janis-jenisnya. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Cireng Makanan Terbuat Dari Aci Yang Garing Di Luar Namun Lembut Di Dalam


Cireng Makanan Terbuat Dari Aci Yang Garing Di Luar Namun Lembut Di Dalam

Cireng adalah singkatan dari 'aci digoreng', jadi camilan satu ini merupakan salah satu olahan aci yang diolah dengan cara digoreng. Aci biasa dijual berbarengan dengan gorengan-gorengan seperti risol, tempe tepung, tahu isi atau singkong goreng.

Cara membuatnya juga sederhana. Cukup dengan mencampurkan aci, daun bawang yang telah diiris, bumbu penyedap seperti garam dan bawang putih, beserta air hangat. Setelah itu kalian tinggal berkreasi membentuknya. Tak sekedar aci, cireng memiliki berbagai isian mulai dari daging, sosis, bahkan ada juga yang isi keju. Selain itu, ada juga inovasi baru berupa cireng rujak loh.

2. Cilok, Makanan Dari Aci Yang Gampang Banget Kalian Temukan


Cilok, Makanan Dari Aci Yang Gampang Banget Kalian Temukan

Cilok berasal dari kata aci dicolok. Bentuknya bulat mirip bakso, tapi apabila bakso dibuat dari daging, cilok dibuat dari campuran tepung aci dan tepung terigu. Karena bentuknya yang bulat ini, biasanya orang memakannya dengan menusuknya dengan lidi.

Cara buatnya juga mudah, campurkan tepung terigu dengan garam, gula pasir, dan merica lalu aduk rata dengan air panas. Masukkan tepung kanji, irisan daun bawang, lalu aduk hingga kalis. Didihkan air yang diberi garam dan sedikit minyak. Masukkan cilok yang sudah dibentuk bulat dan rebus hingga mengapung. Kalian juga bisa menambahkan isian pada cilok, seperti daging atau keju.

3. Bakso Aci Yang Cocok Banget Disantap Hangat-hangat Saat Hujan


Bakso Aci Yang Cocok Banget Disantap Hangat-hangat Saat Hujan

Jenis camilan dari aci yang selanjutnya adalah bakso aci. Bakso aci dibuat dengan mencampur tepung sagu dan sedikit daging. Banyak penjual melakukan ini untuk mengurangi biaya produksi bakso, karenanya harga bakso aci jadi lebih murah.

Meski memakan biaya pembuatan lebih murah, jangan khawatir dengan rasanya. Menggunakan kuah dengan berbagai rempah-rempah akan tetap membuat nikmat saat menyantapnya. Terlebih disajikan ketika cuaca sedang hujan.

4. Tahu Aci Renyah Yang Memiliki Tekstur Kenyal-kenyal


Tahu Aci Renyah Yang Memiliki Tekstur Kenyal-kenyal

Jenis camilan dari aci yang selanjutnya adalah tahu aci. Tahu Aci merupakan olahan makanan yang berasal dari Kota Tegal tepatnya Slawi. Camilan yang berbahan tahu ini dipadukan dengan tepung aci lalu digoreng kering sehingga punya tekstur renyah dan kenyal sekaligus.

Bumbu-bumbu didalamnya memberikan cita rasa berbeda. Tahu aci bisanya disajikan hangat dan disantap dengan rawit atau sambal kecap. Selain itu, harganya yang terjangkau membuat camilan ini sangat laris dikonsumsi oleh masyarakat.

5. Cipuk, Ketika Aci Bertemu Dengan Kerupuk Yang Super Renyah


Cipuk, Ketika Aci Bertemu Dengan Kerupuk Yang Super Renyah

Cipuk merupakan oleh-oleh khas dari daerah Jawa Barat, tepatnya Garut. Cipuk adalah aci kerupuk. Cemilan ini dibuat dengan cara menghancurkan kerupuk mentah kemudian biarkan terendam dengan air selama lima menit. Setelah ditiriskan, kerupuk tersebut dicampur dengan aci dan bahan-bahan lainnya seperti air, bawang merah, garam, dan penyedap rasa.

Adonan cipuk lalu dicetak menggunakan bambu yang dibuat seperti paralon. Tekan adonan cipuk di dalam paralon bambu hingga airnya surut. Setelah itu, kukuslah selama kurang lebih 30 menit. Cipuk yang telah direbus kemudian diiris dan dapat segera digoreng.

6. Ingin Makan Cilok Tapi Versi Garing? Coba Saja Cimol


Ingin Makan Cilok Tapi Versi Garing? Coba Saja Cimol

Sekilas cimol bentuknya bulat dan hampir mirip seperti cilok. Bedanya, cimol ini digoreng hingga bagian tengahnya kopong atau kosong. Cimol biasanya ditaburi bumbu halus seperti bubuk cabai, ada pula yang menggunakan bumbu tabur balado praktis sebagai taburan cimol. Jajanan satu ini biasa dinikmati dengan ditusuk menggunakan lidi atau tusuk sate.

Apabila ingin membuatnya sendiri, caranya gampang banget. Campurkan tepung terigu dan tepung aci dengan air panas. Lalu bumbui dengan bawang putih halus, garam dan merica. Aduk hingga kalis dan bentuk bulat kecil. Goreng cimol hingga matang lalu siram dengan saus atau bumbu taburan kesukaan anda.

7. Cibay Yang Punya Kulit Super Garing Dan Renyah Banget


Cibay Yang Punya Kulit Super Garing Dan Renyah Banget

Cibay atau aci ngabarabay adalah camilan asal Tasikmalaya. Berbeda dengan olahan aci lainnya, cibay menggunakan kulit lumpia untuk membungkus adonan aci beserta isian lainnya. Isiannya pun macam-macam, mulai dari daging ayam, jagung, hingga sosis.

Cara membuat cibay mudah banget yaitu campurkan tepung aci, air, bawang putih halus, irisan daun bawang, garam atau kaldu bubuk, dan tumisan isian. Masak campuran tadi di atas api kecil hingga menjadi seperti lem. Ambil adonan cibay dan taruh di atas kulit lumpia, lalu lipat dengan bentuk sesuai selera. Rekatkan kulit lumpia menggunakan campuran air dan tepung terigu agar tidak lepas saat digoreng. Goreng sampai kecoklatan dan sajikan selagi hangat.

8. Rasakan Perpaduan Kenyalnya Aci Dan Gurihnya Telur Dalam Cilor


Rasakan Perpaduan Kenyalnya Aci Dan Gurihnya Telur Dalam Cilor

Makanan yang satu ini biasanya disukai anak-anak. Aci (matang) dipotong kecil-kecil kemudian digoreng dalam wajan cetakan, lalu ditambahkan kocokan telur dan dimasak hingga matang. Agar lebih nikmat, cilor biasanya ditaburi bubuk penambah rasa, seperti keju dan barbekyu.

Selain aci, cilor juga biasa dicampur dengan makaroni yang sudah direbus sebelumnya. Ada juga sebutan cilor sate yakni, potongan aci rebus digabung dalam tusukan sate kemudian dibalut dengan kocokan telur. Jika ingin lebih simple maka kamu tinggal membeli cilok, kemudian kamu dapat membalutnya saja dengan telur.

Intip juga yuk berbagai kuliner khas nusantara yang digemari oleh raja-raja Indonesia di sini. Simak juga berbagai kuliner malam khas Bandung di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel