Misteri 'Hilangnya' Data Penjualan Album BTS Di IFPI Terkuak, Kesalahan Big Hit Sendiri?
Musik

Awal tahun 2020, IFPI mengungkap artis dengan top 10 album terlaris tahun 2019 di seluruh dunia. Tetapi ketika posisi BTS di chart diumumkan, para penggemar memperhatikan bahwa jutaan penjualan album tiba-tiba lenyap dari data IFPI.

WowKeren - Awal tahun 2020, IFPI (Federasi Internasional Industri Fonografi) mengungkap artis dengan top 10 album terlaris tahun 2019 di seluruh dunia. Tetapi ketika posisi Bangtan Boys (BTS) di chart diumumkan, para penggemar memperhatikan bahwa jutaan penjualan album tiba-tiba lenyap dari data IFPI.

Seorang reporter investigasi Yim Hyunsu dari The Korea Herald akhirnya memecahkan misteri penjualan yang hilang tersebut. Kembali pada bulan Maret lalu, IFPI mengumumkan "Global Top 10 Albums" dari daftar 2019. Boy band Jepang, Arashi peringkat pertama dengan album kompilasi "50 × 20 All the BEST!!", Taylor Swift mencapai tempat kedua dengan "Lover", dan BTS memenangkan tempat ke-3 dengan "Map of the Soul: Persona".

Namun, meski posisi ke-3 adalah tempat yang bagus di chart bergengsi, penggemar segera menyadari ada sesuatu yang salah. Ketika IFPI mengungkapkan angka-angka penjualan yang mereka gunakan untuk menyusun grafik, penjualan untuk "Map of the Soul: Persona" hanya terdaftar 2,5 juta unit. Tentu saja, penggemar yang curiga pada angka-angka ini karena album tersebut telah melampaui 3,7 juta unit terjual di Gaon Chart.

Misteri \'Hilangnya\' Data Penjualan Album BTS Di IFPI Terkuak, Kesalahan Big Hit Sendiri?

Twitter

Secara teori, ini seharusnya membuat "Map of the Soul: Persona" menjadi album terlaris nomor 1 di tahun 2019, karena album Arashi hanya terjual 3,3 juta unit. Penggemar pun meminta jawaban atas apa yang terjadi dengan penjualan 1,2 juta yang hilang.

Beberapa berspekulasi bahwa "Map Of The Soul: Persona" mungkin memiliki penjualannya dipotong menjadi karena itu adalah mini-album, meskipun IFPI meyakinkan penggemar bahwa ini bukan masalahnya. Selama sebuah album memiliki lima lagu atau lebih (atau jangka waktu setidaknya 25 menit), itu dianggap sebagai album di tangga lagu.


Teori lain menyatakan bahwa IFPI mungkin secara rasis mendiskriminasi BTS. Namun, yang lain menunjukkan bahwa ini sepertinya tidak mungkin, mengingat boy band Asia lainnya yakni Arashi bahkan menduduki puncak daftar.

Kini, seorang reporter di The Korea Herald akhirnya menemukan apa yang terjadi pada penjualan 1,2 juta itu. Menurut sebuah pernyataan dari Linzi Goldthorpe, eksekutif senior komunikasi IFPI, federasi mengharuskan setiap label rekaman untuk menyerahkan data penjualan "bersertifikat-sendiri" mereka sendiri. Ini berarti bahwa Big Hit Entertainment sendiri bertanggung jawab atas angka-angka yang tidak dilaporkan.

Reporter Yim dapat mengonfirmasi dengan Big Hit Entertainment bahwa data penjualan yang digunakan berasal dari Hanteo Chart. Meski Hanteo adalah chart penting di Korea, data yang didapat tidak termasuk mayoritas penjualan yang dilakukan di luar negeri.

"IFPI meminta kami untuk data penjualan dan kami menyerahkan data itu dari Hanteo Chart, yang didasarkan pada penjualan album di dalam negeri," ungkap perwakilan resmi humas Big Hit Entertainment.

Grafik Gaon, di sisi lain, menghitung data dari semua distributor resmi untuk "Map Of The Soul: Persona" di seluruh dunia. Hal ini membuat penggemar bingung mengapa Big Hit Entertainment memilih untuk melaporkan angka yang lebih rendah, yang tidak mewakili data yang umumnya dikumpulkan oleh IFPI.

Bahkan seorang perwakilan dari Asosiasi Konten Musik Korea (yang mengelola Gaon Chart) menjelaskan kebingungan mereka pada pilihan Big Hit Entertainment. BTS menerima penghargaan Album of the Year mereka di Gaon Chart Music Awards 2020.

"Kami bertanya kepada Big Hit mengapa mereka mengirimkan data dari Hanteo. Agensi hanya mengulangi bahwa mereka diminta oleh IFPI untuk memberikan data penjualan, tetapi Hanteo tidak dapat menghitung volume penjualan ekspor dan melalui perusahaan mana dan di negara mana," ungkap Perwakilan Asosiasi Konten Musik Korea.

(wk/putr)

You can share this post!

Related Posts