Joko Anwar Desak Kemenkes Bikin Protokol Kesehatan untuk Industri Film di Era New Normal
Instagram/jokoanwar
Film

Tak hanya Joko Anwar, desakan yang sama juga disampaikan Ketua Umum Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI), Deddy Mizwar. Namun, warganet mengkhawatirkan harga tiket bioskop bakal naik.

WowKeren - Selama 3 bulan terakhir, bioskop di Tanah Air telah berhenti beroperasi karena dampak pandemi COVID-19. Produksi film pun terpaksa dihentikan untuk mencegah meluasnya penularan COVID-19. Jelang tatanan hidup baru alias New Normal, para pelaku industri film mulai mempertanyakan nasib mereka.

Salah satunya dituliskan sutradara kenamaan Joko Anwar yang meminta Kementerian terkait untuk membuat protokol kesehatan industri film. "Kami menunggu protokol kesehatan dari @KemenkesRI untuk industri perfilman," tulis Joko Anwar pada Selasa (16/6) melalui Twitter.

Joko Anwar Desak Kemenkes Bikin Protokol Kesehatan untuk Industri Film

Twitter

Dilansir dari cuitan Yan Widjaya melalui akun @yan_widjaya, Ketua Umum Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) Deddy Mizwar juga menyampaikan hal serupa. Ia mencontohkan Korea Selatan yang mulai membuka bioskop dengan kapasitas 5 persen dari total jumlah penonton normal.


"Mendesak Pemerintah c.q Kemenkes segera menerbitkan protokol kesehatan khusus industri perfilman," ujar Deddy Mizwar. "Di Korsel, bioskop mulai dibuka dg kapasitas hanya 5 % dari semula."

Itu artinya, apabila sebuah jaringan bioskop biasa menampung 200 penonton, maka hanya 10 kursi yang tersedia dalam setiap jam penayangan film nantinya. Di sisi lain, Manoj Punjabi selaku produser MD Pictures membeberkan kerugian industri perfilman akibat pandemi COVID-19.

"Per tahun ada 170 - 180 juta penonton bioskop. Pukul rata per bulan 14 juta penonton, omzet Rp600 M," ungkap Manoj. "Khusus untuk film Indonesia, sebut 5 juta penonton, berarti Rp 200 M sebulan."

Menanggapi usul hanya 10 penonton dalam setiap jam penayangan film bioskop, warganet mengkhawatirkan harga tiket yang tinggi. "Gak balik modal dong, kecuali tiketnya naik," komentar akun @andika74. "Berarti tiket juga makin mahal dong mas ?" balas akun @asdpxx.

Di sisi lain, warganet mengaku sudah rindu nonton di bioskop."Iyaa benerr aku udah ga sabar pengen nonton di bioskop," tulis akun @YonaMahya12. "Gak sabar nungguin 'sri asih'. kalo gak ada corona mungkin saat ini udh bisa lihat trailernya," sahut akun @kido_memble.

(wk/nere)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait