Jadi Tren Dunia, Desainer Buka-Bukaan Soal Hanbok Modis BLACKPINK
Selebriti

Kostum hanbok modern yang dikenakan BLACKPINK dalam 'How You Like That' menjadi tren dunia. Desainer hanbok mengaku kaget dengan respons dunia tentang kostum mereka.

WowKeren - BLACKPINK (Black Pink) comeback dengan merilis lagu baru "How You Like That" pada 26 Juni. Kostum hanbok (pakaian tradisional Korea) modern yang dikenakan Jennie dan kawan-kawan dalam video musik menjadi perbincangan hangat di seluruh dunia. Desainer hanbok mengaku kaget dengan respons dunia tentang kostum mereka.

Belakangan kata "hanbok" telah memanaskan internet di seluruh dunia, terutama di Amerika serikat. Ini karena grup idol populer seperti BLACKPINK dan BTS (Bangtan Boys) mengenakan hanbok dalam video musik mereka. Fakta bahwa mereka memiliki fandom besar di luar negeri membuat segalanya tentang grup menjadi topik hangat di internet. Secara khusus, BLACKPINK menjadi berita utama ketika muncul di siaran online NBC "The Tonight Show Starring Jimmy Fallon" mengenakan hanbok dengan pola tradisional.


Desainer Hanbok Modis BLACKPINK Kaget dengan Respons Dunia

Source: Allkpop

Danha, desainer hanbok BLACKPINK menyatakan bahwa, "Aku tidak pernah membayangkan bahwa aku akan menargetkan pasar luar negeri ketika memulai bisnisku sendiri dua tahun lalu. Kupikir ini adalah kesempatan untuk memberi tahu dunia tentang pesona pakaian tradisional kita."

Danha menyatakan bahwa ia telah menggeluti desain hanbok sejak masih muda dan bahkan mengenakan hanbok ke SMA. Ketika menjadi dewasa, ia membawa hanbok bersamanya ketika dia bepergian ke luar negeri ke tempat-tempat seperti Amerika atau Eropa. Setiap kali ia menunjukkan kepada penduduk setempat, mereka semua mengatakan hanbok itu indah dan ia yakin hanbok itu indah di mata semua orang.

Saat itulah Danha memutuskan untuk membuat mereknya sendiri. Ia menyatakan, "Aku ingin memperbaikinya agar semua orang bisa memakainya dengan mudah. Tapi kupikir mungkin untuk menafsirkannya kembali hanya jika aku tahu tradisi dengan benar, jadi aku belajar tentang sejarah hanbok di Royal Dressing Research Institute pada Februari 2016."

Pada 2018, Danha mengambil gelar master dan doktor dalam studi kostum di Universitas Sungkyunkwan dan menciptakan merek saat ini. "Aturan dasarku adalah membuat apa yang ingin kukenakan. Aku banyak memikirkan tentang memperbaiki kekurangan hanbok, yang tidak praktis, seperti mobilitas, panas, dan kesulitan dalam mengelola pakaian. Aku ingin menunjukkan kepada semua orang bahwa hanbok bisa dipakai setiap hari."

Hanbok yang diciptakan kembali memperoleh popularitas baik di dalam negeri maupun di luar negeri karena meningkatnya popularitas K-Pop dan juga serial Netflix "Kingdom". Banyak lagi yang menjadi akrab dengan pakaian tradisional Korea. Saat itulah YG Entertainment tertarik dan memutuskan untuk menjadikan hanbok sebagai salah satu kostum untuk lagu baru BLACKPINK "How You Like That".

Danha mengungkapkan, "Kostum yang dikenakan oleh satu member dibuat sebagai pakaian tanpa gender, dibuat dengan menggabungkan jubah pria dan atasan wanita." Ia menambahkan, "Aku bisa menciptakan karya baru dengan meningkatkan pakaian agar cocok untuk koreografi tari yang intens."

(wk/chus)

You can share this post!

Related Posts