Dipuncaki Big Hit, Inilah Data Penjualan Album Fisik Paruh Pertama 2020 Dari 5 Agensi Besar Korea
Musik

Beberapa data tersebut disajikan dalam bentuk diagram yang memuat data penjualan album fisik yang dirilis oleh para artis selama paruh pertama tahun 2020.

WowKeren - Baru-baru muncul data penjualan album fisik dari para artis dan grup K-Pop yang berasal dari agens-agensi besar Korea menurut perhitungan Gaon. Gaon sendiri adalah chart rekaman standar industri musik di Korea Selatan untuk single, disediakan oleh Asosiasi Industri Konten Musik Korea dan diterbitkan setiap minggu oleh Gaon Music Chart.

Lima agensi hiburan Korea yang dimaksud sendiri adalah SM Entertainment, YG Entertainment, JYP Entertainment, Big Hit Entertainment sertan Pledis Entertainment. Beberapa data tersebut disajikan dalam bentuk diagram yang memuat data penjualan album fisik yang dirilis oleh para artis selama paruh pertama tahun 2020.


Dalam data tersebut Big Hit Entertainment masih menjadi pemimpin dalam penjualan album fisik dengan total 4.541.575 album terjual untuk 2 grup artisnya. Bangtan Boys (BTS) masih menjadi "monster" album fisik dan berhasil memecahkan penjualan album sebelumnya.

TXT juga menunjukkan penjualan yang mengesankan sebagai rookie. Selain itu, Big Hit juga mulai mengakuisisi Source Music dan Pledis tahun ini untuk memperkuat pendapatannya sebelum pendaftaran wamil BTS.

Dipuncaki Big Hit, Inilah Data Penjualan Album Fisik Paruh Pertama 2020 Dari 5 Agensi Besar Korea

Allkpop

SM Entertainment menempati posisi kedua dengan total penjualan untuk seluruh artisnya sebanyak 3.869.545 album. NCT menunjukkan pertumbuhan fandom eksplosif yang tercermin dari penjualan album fisiknya yang meningkat lebih dari 100% selama setahun terakhir.

Selain itu, EXO masih memiliki dampak yang tak terbantahkan dengan sejuta penjualan untuk Baekhyun dan penjualan platinum dari Suho. TVXQ dan Super Junior juga membuktikan keberadaan mereka dengan penjualan album yang mengesankan dari rilis solo dan sub-unit.

Dipuncaki Big Hit, Inilah Data Penjualan Album Fisik Paruh Pertama 2020 Dari 5 Agensi Besar Korea

Allkpop

JYP Entertainment menempati posisi ketiga dengan jumlah 1.466.372 album terjual untuk paruh pertama 2020. Twice masih menjadi "sendok emas" untuk JYP di mana mereka menguasai 39% dari keseluruhan penjualan album. GOT7 menunjukkan penjualan yang stabil sementara Stray Kids dan ITZY melakukan dengan baik pada penjualan fisik mereka. Begitu pula dengan DAY6 yang jumlah penjualan albumnya meningkat tajam untuk comeback kali ini.

Pledis Entertainment mendapatkan tempat ke-4 dengan total penjualan 1.438.037 album. Seventeen (II) berhasil menjadi "million seller" dengan mini album ke-8 mereka. NU'EST juga menunjukkan penjualan yang stabil dengan perilisan terbaru mereka.

YG Entertainment berada di posisi ke-5 dengan penjualan sebanyak 211.059 album di paruh pertama 2020. Sechs Kies  menunjukkan keberadaannya dengan merilis album. iKON memulai comeback mereka dengan 6 member dan Winner (II) merilis album sebagai 4 member sebelum dua anggota wamil. Selanjutnya, single pra-rilis dari BLACKPINK (Black Pink) hadir di akhir paruh pertama dengan banyak pencapaian.

(wk/putr)

You can share this post!

Related Posts